Sudarwani, Margareta Maria and Widati, Galuh and Sumampouw, Nousli Betna Gabriella and Putri, Jessica (2020) Konsep Arsitektur Betawi pada Kawasan Setu Babakan. [Teaching Resource]
Text
KonsepArsitekturBetawi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kebudayaan Betawi sebagai budaya lokal ibu Kota Jakarta semakin tersisihkan, bahkan tidak lagi menjadi mayoritas di daerahnya sendiri salah satu faktor yang mempengaruhi adalah karena tingginya urbanisasi di ibu Kota. Setu Babakan merupakan kawasan perlindungan cagar budaya Betawi, dimana kawasan ini berada di Srengseng Sawah, Jakarta Utara. Kawasan ini di kelola oleh pemerintah, dimana kawasan ini meliputi rumah-rumah tradisional Betawi yang dilestarikan dan dijadikan objek wisaya budaya, didukung dengan perumahan warga dengan menggunakan ornamen budaya Betawi. Pemerintah Jakarta menerapkan Setu Babakan sebagai kawasan konservasi sebagai tempat pelestarian dan pengembangan kebudayaan Betawi. Salah satu objek wisata yang terletak di Selatan Kota Jakarta ini menarik wisatawan untuk menikmati suasana khas perkampungan budaya betawi secara langsung. Kawasan perkampungan ini juga memiliki potensi sebagai wisata kuliner, wisata air, wisata budaya dan juga didukung dengan potensi alam yang masih cukup asri. Kawasan Setu Babakan sebagai tempat wisata budaya Betawi masih memiliki beberapa kekurangan dalam menyediakan fasilitas umum, informasi berupa papan pemberitahuan, dan juga masalah kebersihan yang ada di lokasi Setu Babakan. Kebudayaan Betawi dapat dipertahankan melalui aspek arsitektur. Dimana dengan memadukan kebudayaan Betawi dengan perkembangan dunia saat ini. Menerapkan penggunaan teras rumah, maupun melalui ornamen atau material rumah. Memberikan langgam Betawi pada shelter, tempat sampah, lampu jalan, dinding maupun pedestrian.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Subjects: | TECHNOLOGY |
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 07:37 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 07:37 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14263 |
Actions (login required)
View Item |