Perlindungan Hukum Nasabah Sebagai Konsumen Perbankan Terhadap Kejahatan Skimming

Hadi, Ditmar and Widiarty, Wiwik Sri and Tobing, Gindo L. (2023) Perlindungan Hukum Nasabah Sebagai Konsumen Perbankan Terhadap Kejahatan Skimming. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8 (10). pp. 5884-5901. ISSN 2548 1398

[img] Text
PerlindunganHukumNasabah.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPerlindunganHukumNasabah.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id

Abstract

Berdasarkan latar belakang ini, terdapat beberapa pokok permasalahan dalam penulisan ini yaitu bagaimana perlindungan hukum terhadap nasabah bank dalam hal terjadinya kejahatan skimming dan bagaimana upaya penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan nasabah bank dalam hal terjadinya kejahatan skimming. Teori hukum yang digunakan adalah teori perlindungan hukum dari John Austin dan teori keadilan dari John Rawls. Metode penelitian adalah yuridis normative dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen atau kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian yang ada adalah Perlindungan hukum terhadap nasabah bank dalam hal terjadinya kejahatan skimming terdiri dari dua macam yaitu perlindungan hukum secara tidak langsung dan perlindungan hukum secara langsung. Selanjutnya tentang penyelesaian sengketa. Penyelesaian sengketa yang dapat dilakukan nasabah bank dalam hal terjadinya kejahatan skimming dapat ditempuh melalui jalur non litigasi dan melalui jalur litigasi. Penyelesaian sengketa melalui jalur non litigasi yaitu bank bertanggung jawab terhadap pengembalian dana nasabah yang hilang akibat skimming dengan melakukan mediasi untuk penyelesaian sengketa secara sederhana, murah dan cepat. Sedangkan apabila nasabah tidak puas dengan ganti kerugian akibat skimming tersebut nasabah dapat melakukan penyelesaian sengketa melalui pengadilan. Kata Kunci: Skimming, Bank, Perlindungan Hukum. Based on this background, there are several main problems in this writing, namely how legal protection for bank customers in the event of skimming crimes and how dispute resolution efforts can be made by bank customers in the event of skimming crimes. The legal theories used are the theory of legal protection from John Austin and the theory of justice from John Rawls. The research method is juridical normative and the data collection tools used are document or literature studies and interviews. The results of the existing research are Legal protection for bank customers in the event of skimming crimes consists of two types, namely indirect legal protection and direct legal protection. Next about dispute resolution. Dispute resolution that can be done by bank customers in the event of skimming crimes can be taken through non-litigation channels and through litigation channels. Dispute resolution through non-litigation channels, where banks are responsible for the refund of customer funds lost due to skimming by mediating for simple, cheap and fast dispute resolution. Meanwhile, if the customer is not satisfied with the compensation due to skimming, the customer can resolve the dispute through the court. Keywords: Skimming, Bank, Legal Protection

Item Type: Article
Subjects: LAW
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 22 Mar 2024 08:27
Last Modified: 25 Mar 2024 03:58
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/14168

Actions (login required)

View Item View Item