Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kalimalang Bekasi

Silalahi, Rio I. and Bunitte, Ruth N. and Tambunan, Michelle G. and Purba, Putri R. B. and Aritonang, Serina T. A. and Simbiak, Stevany J. and Tambunan, Efendy (2023) Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kalimalang Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil UKI 2023, 1. pp. 137-144. ISSN 3026-2216

[img] Text
AnalisisKemacetanLaluLintasdiRuasJalanKalimalangBekasi.pdf

Download (441kB)
Official URL: http://snts.uki.ac.id/

Abstract

Kemacetan di Kota Bekasi terjadi di beberapa titik, salah satunya adalah ruas Jalan Raya Kalimalang dimana daerah tersebut paling merupakan tempat banyak aktivitas warga kota Bekasi dilakukan seperti warga kota Bekasi yang menuju Jakarta maupun menuju ke Kabupaten Bekasi. Banyaknya hambatan seperti jalan berlubang, parkir liar, dan beberapa kegiatan pelayanan fasilitas umum dapat menjadi menambahnya masalah kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa kemacetan yang mencakup volume lalu lintas dan waktu tundaan pada titik putaran balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas terbesar yang dipengaruhi oleh hambatan samping berada di angka 1082 kendaraan dan terkecil sebesar 808 kendaraan. Kemacetan lalu lintas di segmen Jl. Raya Kalimalang dipengaruhi oleh 2 aktivitas pada titik putaran balik yang menyebabkan peningkatan nilai satuan arus kendaraan pada segmen jalan utama. Kata kunci: hambatan samping, kemacetan, titik putaran balik. / Congestion in Bekasi City occurs in numerous areas, including the Jalan Raya Kalimalang segment, where most Bekasi City residents' activities occur, such as Bekasi City residents traveling to Jakarta or Bekasi Regency. Potholes, unlawful parking, and various public facility servicing activities can all contribute to traffic congestion. This study intends to conduct a congestion analysis that covers traffic volume and delay duration at the turning point. According to the research findings, the highest traffic volume influenced by side obstructions was 1082, while the lowest was 808. Jl. Raya Kalimalang traffic jams are influenced by two activities at the U- turn point, which increase the unit value of vehicle flow on the main road segment. Keywords: side obstacles, traffic jams, U-turn points

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:05
Last Modified: 07 Feb 2024 03:11
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13712

Actions (login required)

View Item View Item