Konsep Pendidikan Alamiah dalam Kurikulum Merdeka menurut Pandangan Jean – Jacques Rousseau

Lasterman, Noldianto Marianus and Sihotang, Hotmaulina (2024) Konsep Pendidikan Alamiah dalam Kurikulum Merdeka menurut Pandangan Jean – Jacques Rousseau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1). pp. 1533-1544. ISSN 2614-3097

[img] Text
KonsepPendidikanAlamiah.pdf

Download (467kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam

Abstract

Studi ini membahas tentang konsep pendidikan alamiah yang berasal dari pemikiran Jean- Jacques Rousseau, seorang filsuf abad ke-18, dan bagaimana konsep ini dapat diaplikasikan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penulisan studi ini adalah kajian literatur yang diambil dari beberapa sumber yakni: jurnal, buku, dan dokumen lain yang memiliki relevansi dengan penulisan studi ini. Pemikiran Rousseau, yang terutama terdokumentasi dalam karyanya "Emile, or On Education", menekankan pentingnya pendidikan yang sesuai dengan sifat alamiah manusia. Konsep ini mengusulkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pengalaman langsung, memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri mereka sendiri, dan menekankan pada pendidikan moral dan emosional. Dalam konteks Kuriulum Merdeka, pemikiran ini menjadi dasar untuk merancang kurikulum yang lebih kontekstual, menekankan kebebasan belajar, serta pengembangan karakter dan moral. Meskipun Rousseau memberikan landasan yang kuat, implementasi konsep ini dalam Kurikulum Merdeka perlu mempertimbangkan konteks sosial dan budaya lokal, sehingga dapat memberikan pendidikan yang relevan dan efektif bagi masyarakat Indonesia. Kata Kunci : Pendidikan Alamiah; Kurikulum Merdeka; Pandangan Jean – Jacques Rousseau. / This study discusses the concept of natural education derived from the thoughts of Jean- Jacques Rousseau, an 18th century philosopher, and how this concept can be applied in the context of the Merdeka Curriculum. The method used in writing this study is a literature review taken from several sources, namely: journals, books, and other documents that have relevance to the writing of this study. Rousseau's thought, which is mainly documented in his work "Emile, or On Education", emphasizes the importance of education in accordance with human nature. This concept proposes an approach to learning that centers on direct experience, gives learners the freedom to develop themselves, and emphasizes moral and emotional education. In the context of the Merdeka Curriculum, this thinking is the basis for designing a curriculum that is more contextual, emphasizes freedom of learning, and character and moral development. Although Rousseau provides a strong foundation, the implementation of this concept in the Merdeka Curriculum needs to consider the local social and cultural context, so that it can provide relevant and effective education for Indonesian people. Keywords : Natural Education; Merdeka Curriculum: Jean – Jacques Rousseau’s

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:52
Last Modified: 31 Jan 2024 09:52
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item View Item