Analisis Konseptual Landasan Pendidikan dalam Konteks Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan

Siburian, Gutser (2024) Analisis Konseptual Landasan Pendidikan dalam Konteks Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1). pp. 4935-4939. ISSN 2614-3097

[img] Text
AnalisisLandasapPendidikanberkelanjutan.pdf

Download (146kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam

Abstract

Pendidikan berkelanjutan adalah pendekatan yang krusial dalam rangka mencapai pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. Studi ini menyajikan analisis konseptual mengenai landasan pendidikan dalam konteks pembangunan pendidikan berkelanjutan. Melalui tinjauan terhadap konsep dan teori terkait, Studi ini merinci bagaimana pendidikan menjadi fondasi penting dalam pembangunan berkelanjutan. Juga membahas faktor-faktor kunci yang membentuk landasan pendidikan yang berkelanjutan, termasuk inklusivitas, aksesibilitas, kurikulum berkelanjutan, partisipasi masyarakat, dan kesadaran lingkungan. Selain itu, studi ini menyoroti tantangan dan hambatan yang perlu diatasi dalam mewujudkan pendidikan berkelanjutan. Tantangan-tantangan ini mencakup ketidaksetaraan akses, ketidaksetaraan pendidikan, kurikulum yang kurang relevan, serta kurangnya partisipasi masyarakat. Studi ini juga menyoroti pentingnya penggunaan teknologi dan inovasi dalam pendidikan berkelanjutan. Dalam rangka mencapai pembangunan pendidikan berkelanjutan, studi ini menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Terakhir, studi ini menyimpulkan bahwa pendidikan berkelanjutan harus menjadi landasan kuat bagi pembangunan berkelanjutan secara keseluruhan dan bahwa perubahan dalam sistem pendidikan harus didorong oleh komitmen bersama untuk keadilan sosial, kesetaraan, dan pelestarian lingkungan. Kata kunci: Analisis Konseptual, Landasan Pendidikan, Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan. / Sustainable education is a crucial approach in order to achieve sustainable development throughout the world. This article presents a conceptual analysis of the foundations of education in the context of sustainable educational development. Through a review of related concepts and theories, this article details how education is an important foundation in sustainable development. This article also discusses key factors that form the foundation of sustainable education, including inclusivity, accessibility, sustainable curriculum, community participation, and environmental awareness.In addition, this article highlights the challenges and obstacles that need to be overcome in realizing sustainable education. These challenges include unequal access, educational inequality, less relevant curricula, and lack of community participation. This article also highlights the importance of using technology and innovation in sustainable education. In order to achieve sustainable educational development, this article emphasizes the need for collaboration between government, educational institutions, civil society and the private sector. Finally, the article concludes that sustainable education must be a strong foundation for overall sustainable development and that change in education systems must be driven by a shared commitment to social justice, equality, and environmental sustainability. Keywords: Conceptual Analysis, Foundations of Education, Sustainable Educational Development

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 31 Jan 2024 09:47
Last Modified: 31 Jan 2024 09:47
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13656

Actions (login required)

View Item View Item