Kennedy, Posma Sariguna Johnson (2023) Sosialisasi Peranan Generasi Muda dalam Pariwisata Danau Toba kepada Siswa SMKN 1 Simanindo. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 2 (3). pp. 237-246. ISSN 2961 7677
Text
SosialisasiPerananGenerasiMuda.pdf Download (346kB) |
Abstract
Danau Toba adalah destinasi wisata strategis di Indonesia dengan potensi alam dan budaya yang kaya. Kearifan budaya setempat menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung. Pemerintah mendorong peran aktif masyarakat setempat dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata. Dalam hal ini, generasi muda khususnya milenial memiliki peran sentral dalam memajukan pariwisata dan melestarikan warisan budaya. Meskipun generasi milenial memiliki peran penting, mereka juga menghadapi sejumlah kendala, termasuk perubahan arah pembangunan yang lebih modern, kurangnya komitmen, dan pengaruh gadget dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran generasi muda dalam pengembangan pariwisata di Danau Toba, dengan melakukan ceramah/penyuluhan di SMK Negeri 1 Simanindo. Solusi yang diusulkan mencakup pelatihan, pemanfaatan teknologi, dan kemitraan dengan pemerintah daerah. Dengan keterlibatan aktif generasi muda, Danau Toba diharapkan dapat menjadi destinasi wisata berkualitas, berkelanjutan, dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang signifikan bagi daerah dan negara secara keseluruhan. Kata Kunci: Danau Toba, Generasi Muda, Milenial, Pariwisata, Sosialisasi / Lake Toba is a strategic tourist destination in Indonesia with rich natural and cultural potentials. The local cultural wisdom serves as one of the primary attractions for visitors. The government encourages the active role of the local community in managing and developing tourism. In this regard, the younger generation, especially millennials, plays a central role in advancing tourism and preserving cultural heritage. Despite their pivotal role, millennials face various challenges, including shifting towards more modern development, lack of commitment, and the influence of gadgets in daily life. Therefore, this initiative aims to enhance the role of the younger generation in the development of tourism in Lake Toba by conducting lectures and outreach at SMK Negeri 1 Simanindo. The proposed solutions include training, leveraging technology, and partnering with local governments. With the active involvement of Young Generations, Lake Toba is expected to become a high-quality and sustainable tourist destination, providing significant economic and social benefits to the region and the country as a whole. Keywords: Lake Toba, Young Generation, Millennials, Tourism, Socialization.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | SOCIAL SCIENCES SOCIAL SCIENCES > Management |
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 08:45 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 11:05 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13530 |
Actions (login required)
View Item |