Prinsip Pemilihan Teknologi Pembelajaran dalam Teori Belajar Kognitif Anak 8-12 Tahun dan Relevansinya bagi Pendidikan Agama Kristen

Rombe, Eunice Yatundu and Dillak, Irwanto and Noti, Yetri Anisa and Rantung, Djoys Anneke (2023) Prinsip Pemilihan Teknologi Pembelajaran dalam Teori Belajar Kognitif Anak 8-12 Tahun dan Relevansinya bagi Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8 (2). pp. 72-81. ISSN 2620-9926

[img] Text
PrinsipPemilihanTeknologiPembelajaran.pdf

Download (283kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPrinsipPemilihanTeknologiPembelajaran.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/r...

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk memahami bagaimana prinsip pemilihan teknologi pembelajaran bagi anak 8-12 tahun. Latar belakangnya yaitu pemahaman prinsip pemilihan teknologi pembelajaran yang masih sangat minim khususnya bagi pendidik yang bar u mengajar atau pemula. Kurangnya pengalaman membuat mereka tidak kreatif dalam memberikan pengajaran, sehingga peserta didik kurang atau bahkan tidak memahami apa yang pendidik sampaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara literatur yaitu dengan menggali ide dan mengutip pendapat dari penulis buku- buku serta artikel yang juga dapat menjadi acuan literatur. Hasilnya adalah pemilihan teknologi pembelajaran yang tepat mampu mengoptimalkan perkembangan kognitif anak, khususnya anak usia 8-12 tahun. Kesimpulan, pendidik Pendidikan Agama Kristen harus memperhatikan prinsip pemilihan teknologi pembelajaran dan memahami teori belajar kognitif serta memahami bagaimana kognitif anak usia 8 -12 tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menjadikan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, Teknologi Pembelajaran, Teori Belajar Kognitif. / The purpose of this writing is to understand how the principles of selecting learning technology for children 8-12 years. The background is the understanding of the principle of selecting learning technology which is still very minimal, especially for educators who are new to teaching or beginners. Lack of experience makes them not creative in teaching, so that students do not understand or even d o not understand what the teacher is conveying. This study uses a literary research method, namely by exploring ideas and citing opinions from the authors of books and articles which can also be used as a literature reference. The result is that choosing the right learning technology can optimize children's cognitive development, especially children aged 8-12 years. In conclusion, Christian Religious Education educators must pay attention to the principles of selecting learning technology and understand cog nitive learning theory and understand how cognitively children aged 8-12 years are to achieve learning goals and make students the center of learning. Keywords: Christian Religious Education, Cognitive Learning Theory, Learning Technology

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:32
Last Modified: 17 Jan 2024 03:32
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13435

Actions (login required)

View Item View Item