Analisis Kapasitas Terminal Petikemas Pelabuhan Tenau Kupang

Sora, Meige Ranci and Tambunan, Efendy and Simanjuntak, Pinondang (2021) Analisis Kapasitas Terminal Petikemas Pelabuhan Tenau Kupang. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil dan Lingkungan, 2 (2). pp. 64-71. ISSN 2722-0230

[img] Text
AnalisisKapasitasterminalpetikemasPelabuhantenauKupang.pdf

Download (930kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinAnalisisKapasitasterminalpetikemasPelabuhantenauKupang.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cen

Abstract

Pada saat ini, utilisasi lapangan penumpukan di Pelabuhan Tenau Kupang relatif tinggi, sementara arus pergerakan peti kemas terus meningkat dan disi lain luas lapangan penumpukan terbatas. Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui utilisasi lapangan penumpukan Pelabuhan Tenau Kupang menggunakan metode YOR (Yard Occupancy Ratio) dan menentukan pergerakan arus peti kemas 10 tahun ke depan menggunakan metode regresi serta mengoptimalisasi utilisasi lapangan penumpukan peti kemas dengan sejumlah skenario. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai YOR lapangan penumpukan peti kemas Pelabuhan Tenau Kupang sebesar102,14%. Atau dengan kata lain, kinerja lapangan penumpukan sudah melebihi Standar Dirjen Perhubungan Laut sebesar 60%. Untuk mengoptimalkan utilisasi lapangan penumpukan, peneliti melakukan sejumlah skenario. Dan skenario terbaik untuk mengoptimalkan lapangan penumpukan adalah menurunkan lamanya pengendapan peti kemas di lapangan penumpukan menjadi 3 hari. Kata kunci: Dwelling time; Lapangan penumpukan; Pelabuhan Tenau Kupang; Yard occupancy ratio. / At present, the utilization of the stacking yard at the Kupang Tenau Port is relatively high, while the flow of containers continues to increase. It means that the stacking field is overloaded. The objective of this study was to determine the utilization stacking yard of the Kupang Tenau Port using the YOR (yard occupancy ratio) method and determine the prediction of the flows of containers in the next 10 years using the regression method and optimize the utilization of the container storage yard with a number of scenarios. The results showed that the YOR value of the container yard of the Kupang Tenau Port was 102.14%. Or in other words, the performance of the stacking yard has exceeded the standard of the Director-General of Sea Transportation by 60%. To optimize the utilization of the stacking field, the researcher meets a number of scenarios. And the best scenario to optimize the stacking yard was to reduce the duration of container deposition in the stacking yard to 3 days. Keywords: Dwelling time; Stacking yard; Tenau Kupang Port; Yard occupancy ration.

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:19
Last Modified: 21 Dec 2023 08:19
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13311

Actions (login required)

View Item View Item