Peran Guru Dalam Pengajaran Dan Model Kinerja Dalam Alkitab

Kia, A Dan (2021) Peran Guru Dalam Pengajaran Dan Model Kinerja Dalam Alkitab. Jurmal Apokalupsis, 12 (1). pp. 88-103. ISSN 2747285X

[img] Text
PeranGuruDalamPengajaran.pdf

Download (240kB)
Official URL: https://ojs.hits.ac.id/index.php/OJS

Abstract

Kegiatan pendidikan membutuhkan pendidik yang memiliki kinerja yag baik, hal ini dikarenakan Kinerja merupakan kegiatan yang dijalankan oleh tiap-tiap individu dalam kaitannya untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka harus dilihat dari prespektif Alkitab sehubungan dengan peran guru dalam pengajaran dan juga sebagai model yang patut diteladani. Kinerja merupakan suatu konsep yang bersifat universal dan merupakan efektifitas operasional suatu organisasi, bagian organisasi, dan karyawannya berdasarkan standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Tetapi secara khusus dalam lingkup pendidikan Kristen, semuanya ini harus memiliki dasar yang sesuai kehendak Allah agar memenuhi standar perilaku yang telah ditetapkan serta dapat membuahkan tindakan dan hasil yang diinginkan.Dunia pendidikan memberikan suatu gambaran yang positif dalam setiap peran yang ada melalui pendidik sebagai pelaku utama dalam proses belajar mengajar, namun bila dicermati, maka akan terlihat rendahnya kinerja guru dalam profesinya dewasa ini dan hal ini merupakan kenyataan yang perlu diakui dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, kebutuhan agar menghasilkan guru-guru yang berdedikasi, kokoh, dan terpercaya oleh masyarakat, merupakan hal penting dan mendesak demi peningkatan mutu pendidikan. Alkitab, memberikan beberapa gambaran peran dan kinerja yang dapat menjadi contoh dari tokoh-tokoh dalam Perjanjian Lama sebagai bukti acuan yang harus diteladani bagi pendidik Kristen masa kini. Gambaran dari tokoh-tokoh dalam Alkitab jika dipelajari dengan baik, maka akan bermanfaat dan berdampak bagi kinerja seorang pendidik Kristen. Pengaruh positif dari tokoh-tokoh tersebut akan memberikan suatu kemampuan yang bisa ditranformasikan melalui tindakan dalam proses belajar menagajar.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:34
Last Modified: 06 Dec 2023 03:34
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item View Item