Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang

Daniel, Stepanus and Hasali, Friska (2016) Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1 (2). pp. 41-61. ISSN 2620 9926

[img] Text
PenerapanMetodePermainan.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPenerapanMetodePermainan.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://christianeducation.id/e-journal/index.php/...

Abstract

This study was conducted to obtain answers about the application method of a game that affect the increased student motivation in learning Christian education at Canaan Christian elementary Tangerang. The method used in this study is a qualitative method. The population in this study were elementary school students grade 3 Tangerang Canaan Christian school year 2015/2016, while the focus of the study population are students of class 3b. In carrying out this study researchers using observation sheets, questionnaires and written test. Mengertahui observation sheet used for students' motivation in participating in learning activities. A questionnaire was used to determine students' opinions about the methods of the game, while the written test is used to determine the ability of students after participating in learning activities using games. The results of data analysis showed that the increased student motivation along with the increasing average value of cognitive students at each cycle. In addition, the psychomotor aspect, the students were active in participating in learning activities, whereas the affective aspects of students become more focused on listening to the regulations and instructions given by the teacher. This means that this study may be accepted where there is a positive and significant relationship between the application of the game method with increased student motivation grade 3 in Canaan Christian elementary Tangerang. Especially students of class 3b. Keywords : Method of Game, Motivation to Learn, Learning, Christian Religious Education./ Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban tentang penerapan metode permainan yang berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Kristen Kanaan Tangerang kelas 3 tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan fokus populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3b. Dalam melaksanakan penelitian ini Peneliti mengunakan lembar observasi, kuisioner dan tes tertulis. Lembar observasi digunakan untuk mengertahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kuisioner digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang metode permainan, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan permainan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa bersamaan dengan meningkatnya rata-rata nilai kognitif siswa pada setiap siklusnya. Selain itu, pada aspek psikomotorik, para siswa terlihat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sedangkan aspek afektif siswa menjadi lebih fokus dalam mendengarkan peraturan dan petunjuk yang diberikan oleh guru. Hal ini berarti bahwa penelitian ini dapat diterima dimana terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan metode permainan dengan peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 di SD Kristen Kanaan Tangerang. Khususnya siswa-siswi kelas 3b. Kata Kunci : Metode Permainan, motivasi belajar siswa, Pembelajaran, Pendidikan Agama Kristen

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity
EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:02
Last Modified: 30 Nov 2023 05:02
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item View Item