Studi Kelayakan Bentuk Komunikasi Modul Kimia untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Tunawicara pada Materi Bentuk Molekul

Tamansa, Santhya Anaomi and Peronika, Riska Yuna and Harefa, Ikerman Jaya and Harefa, Nelius (2023) Studi Kelayakan Bentuk Komunikasi Modul Kimia untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Tunawicara pada Materi Bentuk Molekul. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA DAN MATEMATIKA 2023 UNIVERSITAS NEGERI MALANG, 1. pp. 632-638. ISSN 2964-772x

[img] Text
StudiKelayakanBentukKomunikasi.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://ipa.fmipa.um.ac.id/

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) tunawicara dalam konteks pendidikan inklusif sering menghadapi tantangan dalam memperoleh dan menyampaikan pengetahuan, terutama dalam mata pelajaran yang membutuhkan komunikasi lisan seperti kimia. Salah satu topik yang sulit dipahami bagi mereka adalah bentuk molekul. Oleh karena itu, tujuan dari studi ini adalah menghasilkan modul kimia dengan bentuk komunikasi berbasis bangun ruang dan bahasa isyarat yang dapat membantu ABK tunawicara mempelajari materi bentuk molekul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam metode ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan produk, pengembangan produk, validasi, revisi, dan uji coba keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini sangat layak digunakan oleh ABK tunawicara, dengan tingkat kelayakan mencapai skor sebesar 89,40% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa modul kimia dengan bentuk komunikasi berbasis bangun ruang dan bahasa isyarat dapat efektif membantu ABK tunawicara memahami materi bentuk molekul. Kata kunci: Bentuk Komunikasi, Modul, Bangun Ruang, Bahasa isyarat, ABK Tunawicara

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
SCIENCE
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:42
Last Modified: 20 Nov 2023 04:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item View Item