Persepsi Siswa Terhadap E-Module Kimia Berbasis Augmented Reality: Melalui Pendekatan Project Based Learning

Harefa, Nelius and Sumiyati, Sumiyati and Waruwu, Nelfin Fiktoris Riski (2023) Persepsi Siswa Terhadap E-Module Kimia Berbasis Augmented Reality: Melalui Pendekatan Project Based Learning. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA DAN MATEMATIKA KE-1 UNIVERSITAS NEGERI MALANG. pp. 124-133.

[img] Text
PersepsiSiswaTerhadapEModuleKimia.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://ipa.fmipa.um.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi siswa terhadap e-module kimia yang dikembangkan berbasis augmented reality. Pengembangan e-module dilakukan dengan pendekatan profil pelajar Pancasila pada materi kimia hijau. Sampel penelitian terdiri dari 146 siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Jonggol, Jawa Barat. Data dikumpulkan dengan memberi instrument penelitian berupa angket persepsi kepada sampel penelitian. Angket persepsi terdiri dari 20 pernyataan, dimana masing-masing pernyataan terdiri dari 5 opsi pilihan yang disusun dengan sistem skala Linkert. Berdasarkan analisis dan interpretasi data, 92,47% siswa beranggapan bahwa e-module kimia berbasis augmented reality sangat menarik dari sisi tampilan, 87,67% beranggapan sangat mudah dimengerti dari sisi kebahasaan, 69,18% beranggapan sangat eligibel dari sisi eligibilitas, dan 51,37% beranggapan sangat mudah dipahami dari sisi konten. Secara umum, 96,58% siswa beranggapan bahwa e-module kimia berbasis augmented reality merupakan salah satu sumber belajar yang relevan diimplementasikan pada era digital, melalui e-module kimia berbasis augmented reality, kebutuhan akan konten-konten pembelajaran berbasis digital dapat diakomodasi pada proses pembelajaran. Kata kunci: Augmented Reality, E-module, Kimia, Project Based Learning

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
SCIENCE
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 20 Nov 2023 04:37
Last Modified: 20 Nov 2023 04:37
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item