Prosiding Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0

Limbong, Mesta and Sihotang, Hotmaulina and Noegroho, Albertus and Hasibuan, Friska Shinta Dame and Gowasa, Haniati (2023) Prosiding Pengembangan Kurikulum dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. In: Seminar Nasional: “PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”, 10 dan 12 Januari 2023, Jakarta.

[img] Text
ProsidingPengembanganKurikulumdanImplementasinyadalamKurikulumMerdekaBelajar.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seminar Nasional Pengembangan Pembelajaran yang diselenggarakan Program Pasca sarjana Magister Administrasi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia telah dilaksanakan pada tanggal 10 dan 12 Januari 2023. Seminar tersebut ditindaklanjuti dengan menerbitkan prosiding sebagai bukti nyata telah diselenggarakannya sharing gagasan ilmiah dari para mahasiswa S2 program Pasca sarjana Magister Administrasi Pendidikan Universitas Kristen Indonesia. Tema Seminar Nasional: “PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” sangat tepat untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar saat ini. Universitas Kristen Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi dengan peringkat Akreditasi Unggul terus berkomitmen untuk menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu secara berkelanjutan. Implementasi Tridharma PT merupakan core business di Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Salah satu bentuk implementasinya adalah pembelajaran yang menghasilkan produk berupa publikasi karya ilmiah sesuai dengan kurikulum mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Karya ilmiah berupa paper merupakan tugas akhir semester mata kuliah Pengembangan Pembelajaran. Proses penulisan paper sudah direncanakan sejak awal semester dan diseminarkan. Untuk menjamin kualitas artikel maka dilakukan review terhadap artikel yang dikirim oleh pemakalah sesuai dengan indikator penilaian. Review dilakukan secara bertahap yakni review oleh peer reviewer dan dilanjutkan dengan review yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Pembelajaran sekaligus sebagai penanggung jawab kegiatan ini. Untuk menjamin pelaksanaan seminar dibentuk panitia yang bertanggungjawab dan didukung oleh seluruh pihak baik mahasiswa, dosen, dan Kaprodi. Semuanya berkolaborasi dan berkoordinasi dengan baik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
EditorChyquitita, TicaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ReviewerSihotang, HotmaulinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ReviewerAllo, Leticya SarungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
ReviewerLaurentia, RuthUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:39
Last Modified: 09 Oct 2023 08:39
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12459

Actions (login required)

View Item View Item