Sosialisasi Kebijakan Pendidikan Pada Guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Silaean Toba Sumatera Utara

Tambunan, Witarsa and Simbolon, Bintang R. and Kailola, Lisa Gracia and Tampubolon, Hotner and Murniarti, Erni and Sinaga, Dameria and Natang, Ponsianus Sardi (2023) Sosialisasi Kebijakan Pendidikan Pada Guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Silaean Toba Sumatera Utara. Multidisciplinary National Proceeding, 1. pp. 55-61. ISSN 2987-047X

[img] Text
SosialisasiKebijakanPendidikanPadaGurudiSekolahDasar.pdf

Download (453kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinSosialisasiKebijakanPendidikanPadaGurudiSekolahDasar.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://publishing.impola.co.id/index.php/Prosidin...

Abstract

Sistem pendidikan dibangun untuk menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan. Kebijakan pendidikan tentu saja akan mengarah pada perubahan zaman yang semakin modern. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk implementasi dari bidang ilmu yang diajarkan dalam darma pengajaran dan juga untuk kepentingan penelitian dan publikasinya serta bagi para guru dan pimpinan pada Sekolah Dasar di Kecamatan Silaen Mendapatkan motivasi dan penyegaran dalam tata Kelola Pendidikan, tentang implementasi merdeka belajar. Adapun metode penelitian ini yaitu dengan melakukan penyuluhan penguatan manajemen pendidikan dan merdeka belajar serta melakukan evaluasi kegiatan dan dampak bagi sekolah dan dijadikan dasar dalam melakukan penguatan secara berkelanjutan. Evaluasi yang dilakukan melalui wawancara langsung dengan kepala sekolah untuk mendapatkan data. Sehingga hasil penelitian ini berdampak besar bagi sekolah, guru dan siswa yang ada di daerah Silean Toba Sumatera Utara. Para guru peserta dalam PKM ini menyimak dengan antusias dan memberikan respon dengan bertanya untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di sekolah masing masing sesuai dengan bidang yang diampunya. Kata Kunci: Kebijakan pendidikan, Sekolah dasar / The education system is built to ensure equal distribution of educational opportunities, quality improvement and the relevance and efficiency of education management. Education policy will of course lead to changes in an increasingly modern era. The purpose of this research was for the implementation of the fields of knowledge taught in the Dharma Teaching and also for research and publication purposes as well as for teachers and leaders at elementary schools in Silaen District to get motivation and refreshment in education governance, regarding the implementation of independent learning. The method of this research was to carry out counseling to strengthen education management and independent learning and evaluate activities and impacts on schools and serve as the basis for carrying out continuous strengthening. The evaluation was carried out through direct interviews with the school principal to obtain data. The results of this study had a big impact on schools, teachers and students in the Silean Toba area, North Sumatra. The participating teachers in this PKM listened enthusiastically and responded by asking questions to improve the implementation of education in their respective schools according to the field they are in charge of. Keywords: Education policy, Elementary school

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 16 Aug 2023 10:03
Last Modified: 17 Aug 2023 08:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item