Natalia, Desy (2016) Analisis Kesalahan Pelafalan Inisial /Z/, /C/, /S/ dan /R/ dengan Final /E/ Dan /I/ dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi)
HalJudulAbstrakDaftarIsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (530kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (212kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (476kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (108kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (69kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (201kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (162kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Kesalahan Pelafalan Inisial /z/, /c/, /s/ dan /r/ dengan Final /e/ dan /i/ dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan pelafalan inisial /z/, /c/, /s/ dan /r/ dengan final /e/ dan /i/ dalam pembelajaran Bahasa Mandarin pada mahasiswa prodi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Indonesia. Selain itu dibahas juga tentang cara melafalkan bunyi dalam bahasa mandarin dan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari soal tes pelafalan dan kuesioner yang telah diisi oleh 10 orang mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Kristen Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan terbesar yaitu mahasiswa kurang memahami cara pelafalan [ci] dan pelafalan [ce] yang seharusnya berbeda pada saat dibunyikan, dan faktor penyebab kesalahannya adalah mahasiswa bersangkutan sudah pernah belajar tetapi masih tidak memahami cara pelafalan /z/,/c/,/s/ dan /r/ dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa lebih meningkatkan pembelajaran tentang pelafalan /z/, /c/, /s/ dan /r/ agar pemahaman mahasiswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Bahasa Mandarin, Kesalahan, Pelafalan, Pelafalan inisial /z/, /c/, /s/ dan /r. / 本论文《在学习汉语声母发音/z/,/c/,/s/和/r/与韵母/e/和/i/的错误分析》的目的是想 了解到印尼基督教大学师范学院汉语系的学生对声母发音/z/,/c/,/s/,/r/与韵母发音/e/和/i/ 的错误率。除了找出学习者的发音错误率之外,本论文也解释到如何该正确发音和找出有 哪些因素导致学习者会有发音错误。本研究使用描述性和定量研究法。这项研究的数据由 十位印尼基督教大学师范学院汉语系的学生来参与口试声母和韵母发音还有填写问卷调 查。 本研究结果表明,最多的错误是学习者发音错(ce)和(ci),本错误的原因是学习 者已经学过如何该发音但是学习者还不够了解它们/z/,/c/,/s/ 和 /r/的发音区别。据这项研究 结果,建议学习者为了能学好它们必须提高自己的学习中文声母/z/, /c/, /s/,/r/发音。 关键词:汉语, 错误,声母发音 z/, /c/, /s/ 和 /r/
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION LANGUAGE AND LITERATURE |
||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11873 |
Actions (login required)
View Item |