Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bilangan 二 èr ‘dua’/两 liǎng ‘dua’ dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa SMP kelas 2 di Sekolah Kemurnian II Jakarta Barat

Mulyono, Hendy (2018) Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bilangan 二 èr ‘dua’/两 liǎng ‘dua’ dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa SMP kelas 2 di Sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarLampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (648kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (704kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (545kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB)
[img] Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ /两 liǎng ‘dua’ dalam kalimat bahasa Mandarin pada siswa SMP kelas 2 di sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. Selain itu dibahas juga jenis-jenis kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’ serta faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari soal tes dan angket yang telah diisi oleh lima belas orang siswa-siswi SMP kelas dua di sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase dengan studi kasus analisis kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’. Dari hasil tes angket yang telah diberikan, diketahui hanya dua responden yg tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan kata bilangan 二 èr (dua)/两 liǎng (dua) dengan baik dan benar. Sedangkan 13 lainnya menyatakan bingung dan tidak paham. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar siswa-siswi lebih meningkatkan pembelajaran tentang penggunaan kata bilangan bahasa Mandarin agar pemahaman para siswa-siswi bisa lebih baik. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kata Bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’, Tata bahasa Mandarin, Bahasa Mandarin

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorElyana, ElyanaNIDN316038402elyana@uki.ac.id
Thesis advisorSulistyowati, DewiNIDN325128506dewi.sulistyowati@uki.ac.id
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 22 Jul 2023 08:48
Last Modified: 22 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item