Mulyono, Hendy (2018) Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bilangan 二 èr ‘dua’/两 liǎng ‘dua’ dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Siswa SMP kelas 2 di Sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Abstrak_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarTabelDaftarLampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (648kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (704kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (545kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (380kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (292kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (380kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ /两 liǎng ‘dua’ dalam kalimat bahasa Mandarin pada siswa SMP kelas 2 di sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. Selain itu dibahas juga jenis-jenis kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’ serta faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari soal tes dan angket yang telah diisi oleh lima belas orang siswa-siswi SMP kelas dua di sekolah Kemurnian II Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase dengan studi kasus analisis kesalahan penggunaan kata bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’. Dari hasil tes angket yang telah diberikan, diketahui hanya dua responden yg tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan kata bilangan 二 èr (dua)/两 liǎng (dua) dengan baik dan benar. Sedangkan 13 lainnya menyatakan bingung dan tidak paham. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar siswa-siswi lebih meningkatkan pembelajaran tentang penggunaan kata bilangan bahasa Mandarin agar pemahaman para siswa-siswi bisa lebih baik. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kata Bilangan 二 èr ‘dua’ dan 两 liǎng ‘dua’, Tata bahasa Mandarin, Bahasa Mandarin
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | EDUCATION | ||||||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Bahasa Mandarin | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Sahat Maruli Tua Sinaga | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2023 08:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2023 08:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11854 |
Actions (login required)
View Item |