Kajian Kontemporer : Filsafat dan Teologi Implikatif dalam Pendidikan Kristen

Jura, Demsy and Zalukhu, Amirrudin and Lesmana, Liauw Fidelia and Abraham, Jovita Elizabeth (2022) Kajian Kontemporer : Filsafat dan Teologi Implikatif dalam Pendidikan Kristen. UKI Press, Jakarta. ISBN 978-623-6963-98-2

[img] Text
KajianKontemporFilsafatdanTeologiImplikatif.pdf

Download (752kB)

Abstract

Kajian teologi kontemporer menuntut setiap orang percaya untuk bersikap secara benar terhadap isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat. Lahirnya pemikiran-pemikiran baru dalam konteks penerapan pembejalaran iman Kristen haruslah bertumpu pada dasar yang benar, yaitu Alkitab; dan juga pada penafsiran yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan kedua elemen penting itulah maka gereja dapat mengambil sikap yang benar untuk menilai segala sesuatu yang timbul di tengah-tengah gereja, berkaitan dengan suatu pengajaran. Paradigma Pendidikan Kristen harus dapat mem- beri pengaruh pada setiap pengajaran yang ada, termasuk dalam menghadapi setiap permasalahan yang terjadi. Ke- kristenan yang telah lama memberi pengaruh bagi per- adaban umat manusia pada berbagai lini kehidupan ini harus tetap hadir dengan keunggulan kaidahnya. Otoritas iman harus mampu hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai bagian dari kesaksian Kristen dan teologi perlu diterapkan dalam segala aspek karena unsur didaktika Kristen yang sangat penting tersebut. Berkaitan dengan studi kekristenan dalam konteks Pendidikan Kristen, setidaknya eksistensi teologi harus dapat memberi makna sehingga mampu menghadapi ber- bagai pengajaran yang dapat membahayakan kehidupan umat. Dalam uraian buku ini, kekristenan harus mampu memberikan penilaian terhadap munculnya pengajaran- pengajaran yang bisa membahayakan keberlangsungan gereja di tengah dunia. Penting sekali gereja bersikap terhadap beberapa isu, seperti: Pragmatisme John Dewey berkaitan dengan eksistensi Pendidikan Kristen; Implementasi Etika Global Hans Kung di Indonesia dan analisis Pendidikan Kristen; Kajian Teologi Pembebasan dalam pemikiran Gustavo Gutiérrez dengan perspektif Pendidikan Kristen; dan studi Teologi Pengharapan Albert Schweitzer serta implikasinya terhadap Pendidikan Kristen. Wibawa gereja dipetaruhkan ketika memberikan penilaian atas berbagai isu tersebut. Pada mulanya, buku Kajian Kontemporer Filsafat dan Teologi Implikatif dalam Pendidikan Kristen ini me- rupakan intisari dari studi Pendidikan Kristen dan Teologi Kontemporer yang disampaikan pada kegiatan perkuliahan program studi Doktor (S3) Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta. Para mahasiswa mepresentasikan bidang kajian yang diminatinya, dan kemudian menyampaikannya sebagai hasil riset yang dilakukannya. Masyarakat perlu memahami pergumulan gereja berkaitan dengan filsafat dan teologi implikatif yang ber- sentuhan langsung dalam kehidupannya setiap hari. Melalui pergumulan dan bahkan kontemplasi yang di- jalaninya, diharapkan mampu melahirkan sikap yang kuat dalam keimanan Kristen berkaitan dengan pemikiran- peikiran yang muncul. Pada akhirnya setiap orang percaya perlu mengambil sikap yang tegas, tepat dan ber- tanggung jawab atas apa yang diimaninya. Buku ini mengajak setiap orang percaya untuk memahami dan memberikan penilaian atas beberapa isu yang berkembang saat ini. Sudah pasti, dengan ber- pegang pada otoritas Alkitab sebagai Kitab Suci dan me- lalui pengajaran teologi yang benar maka gereja akan mampu bukan saja memberi penilaian namun juga koreksi yang bermanfaat

Item Type: Book
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:35
Last Modified: 06 Jul 2023 02:35
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item