Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak

Kia, A Dan and Murniarti, Erni (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 13 (3). pp. 264-278. ISSN 2620-3952

[img] Text
PengaruhPolaAsuhOrangTua.pdf

Download (393kB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/index

Abstract

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak, untuk mengetahui gambaran prestasi belajar anak, serta mengetahui perbedaan prestasi belajar berdasarkan pola asuh orangtua. Dengan memahami perkembangan yang ada, maka diharapkan orangtua sebagai guru pertama dan terutama bagi anak dapat meningkatkan pola asuh sesuai perkembangan, serta melihat kemampuan anak dalam hal belajar. Metode penelitian dalam karya ilmiah ini menggunakan metode penelitian expost facto. Dengan suatu pengertian bahwa penelitian ini dilakukan dengan meneliti suatu peristiwa yang telah terjadi dan kemudian ditinjau kembali faktor-faktor apa saja yang menimbulkan kejadian tersebut. Berdasarkan penelitian melalui studi kepustakaan, menunjukkan bahwa prestasi belajar anak dengan menggunakan pola asuh demokratis paling tepat dan sangat dominan sehingga terjadi peningkatan belajar sesuai kemampuanya, maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang tepat sesuai perkembangan di era disrupsi ini bukan suatu hal yang menghalangi peningkatan belajar anak, akan tetapi harus menjadi suatu kesempatan untuk terus membimbing dan memotivasi anak agar belajar memanfaatkan keadaan, serta mengolahborasikannya sesuai pengetahuan dan ilmu yang dipelajarinya, karena adanya perbedaan prestasi belajar anak berdasarkan pola asuh orangtua yang terlihat seperti (pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif), sangat berpengaruh dan prestasi yang diharapkan akan terjawab sesuai tujuan belajar. Kata kunci: Pola asuh, Prestasi Belajar. / This scientific work aims to find out the picture of parenting that is applied by parents to children, to know the description of children's learning achievement, as well as knowing differences in learning achievements based on parenting parents. By understanding the existing development, it is expected that parents as the first and foremost teacher for children can improve parenting according to development and see the child's ability to learn. The research method in this scientific work uses the post facto research method. With an understanding that this research is done by examining an event that has occurred and then reviewing the factors that cause these events. Based on research through library studies, shows that children's learning achievement by using democratic parenting is the most appropriate and very dominant so that an increase in learning according to his ability, it can be concluded that the right parenting according to developments in this era of disruption is not something that hinders the improvement of children's learning However, it should be an opportunity to continue to guide and motivate children to learn to take advantage of the situation, and to process it according to the knowledge and knowledge they learn, because of differences in children's learning achievement based on parental care that looks like (authoritarian parenting, democratic parenting and patterns permissive foster), is very influential and achievements are expected to be answered according to learning objectives. Keywords: parenting style, learning achievement

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:17
Last Modified: 21 Jun 2023 08:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item