Laporan Pengabdian kepada Masyarakat : Pendampingan Teknis dalam bentuk FGD (Forum Group Discusion) Pemberdayaan Masyarakat dalam memperbaiki Infrastruktur Drainase sebagai Pencegahan Genangan Air dalampengembangan Bahan dan Infrastruktur Jalan Desa Tuapejat Kabupaten Mentawai

Simanjuntak, Risma M. and Mulyani, Agnes Sri and Setiyadi, Setiyadi and Yuma, Reza and Tua, Gilbert (2022) Laporan Pengabdian kepada Masyarakat : Pendampingan Teknis dalam bentuk FGD (Forum Group Discusion) Pemberdayaan Masyarakat dalam memperbaiki Infrastruktur Drainase sebagai Pencegahan Genangan Air dalampengembangan Bahan dan Infrastruktur Jalan Desa Tuapejat Kabupaten Mentawai. LAPORAN PENGABDIAN kepada MASYARAKAT.

[img] Text
LaporanPengabdianMasyarakatPendampinganTeknisdalambentukFGD.pdf

Download (424kB)

Abstract

Seperti kita ketahui bersama drainase adalah suatu terminologi yang digunakan untuk menyatakan sistem-sistem yang berkaitan dengan masalah kelebihan air, baik diatas maupun dibawah permukaan tanah. Tidak terbatas pada teknik pembuangan air yang berlebih, ttp juga keterkaitan dengan aspek kehidupan dalam kawasan perkotaan. Drainase yang cukup merupakan faktor penting dalam lokasi dan geometrik desain jalan raya. Fasilitas drainase di setiap jalan raya atau jalan harus memadai dan disediakan untuk aliran air dari permukaan trotoar ke saluran drainase. Drainase yang tidak memadai pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan serius pada struktur jalan raya. Selain itu, lalu lintas dapat diperlambat oleh akumulasi air pada pavement jalan, dan kecelakaan dapat terjadi sebagai akibat dari tergelincirnya roda kendaraan. Di sinilah pentingnya manajemen air untuk pembangunan jalan raya dialokasikan untuk fasilitas drainase. Sebagai gambaran untuk konstruksi pengendalian erosi dan struktur drainase, seperti gorong-gorong, jembatan, saluran, dan parit. Permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan jalan raya terutama berkaitan dengan dua sumber air.

Item Type: Article
Subjects: TECHNOLOGY
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:36
Last Modified: 16 Jun 2023 03:36
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/11602

Actions (login required)

View Item View Item