Dampak Fenomena E-Commerce Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2019

Kennedy, Posma Sariguna Johnson and Kartika, Valensia Intan Dyah and Tobing, Suzanna Josephine L. (2022) Dampak Fenomena E-Commerce Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2019. IKRAITH-EKONOMIKA, 5 (1). pp. 68-78. ISSN 2654-7538

[img] Text
DampakFenomenaECommerceTerhadapKinerjaKeuanganPerusahaanKosmetik.pdf

Download (219kB)
Official URL: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-E...

Abstract

Merebaknya penjualan online melalui e-commerce membuat banyak konsumen beralih dari berbelanja di toko offline ke transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi perbedaan kinerja keuangan perusahaan manufaktur pada sub sektor kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebelum dan sesudah adanya penjualan yang marak melalui e-commerce. Untuk itu dilakukan metode penelitian kuantitatif berdasarkan pengujian terhadap variabel-variabel rasio keuangan Total Asset Turn Over, Current Ratio, Net Profit Margin, dan Debt Equity Ratio. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor kosmetik yang menyajikan laporan keuangan di BEI dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh lima perusahaan kosmetik untuk diobservasi. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan di BEI. Dari hasil pengujian data menunjukkan bahwa analisis regresi linier sederhana dan uji-t dari variabel dummy menunjukkan hasil tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI, sebelum dan sesudah adanya penjualan yang marak melalui e-commerce. Dengan demikian fenomena e-commerce belum berdampak terhadap sampel pada periode penelitian. Kata kunci : E-Commerce, Kinerja Keuangan, Perusahaan Kosmetik, BEI. / This study aims to determine whether there are differences in the financial performance of manufacturing companies in the cosmetics sub-sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) before and after the growth of e-commerce. Forthis reason, quantitative research methods were carried out based on testing the variables of the ratio of Total Assets Turn Over, Current Ratio, Net Profit Margin, and Debt Equity Ratio. The population in this study were cosmetic companies that presented financial statements on the IDX from 2011 to 2019. The sampling technique was carried out using the purposive sampling method that obtained five cosmetic companies were for observation. The data used is in the form of secondary data obtained from the company's financial statements on the IDX. The test results show that simple linear regression analysis of dummy variables and t-test shows no differences on the financial performance of cosmetic companies listed on the IDX, before and after the growth of ecommerce. Thus the e-commerce phenomenon has not had an impact on the sample in the study period.. Keyword : E-Commerce, Financial Performance, Cosmetic Company, IDX

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Commerce
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:21
Last Modified: 10 Apr 2023 05:21
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10930

Actions (login required)

View Item View Item