Model Pembelajaran Materi Matematika secara daring di SMA

Lumbantoruan, Jitu Halomoan and Simbolon, Kerdid and Manalu, Risma Uly and Natalia, Stevi (2022) Model Pembelajaran Materi Matematika secara daring di SMA. I-Com : Indonesian Community Journal, 2 (1). pp. 46-58. ISSN 2809-2031

[img] Text
ModelPembelajaranMateriMatematikasecaradaringdiSMA.pdf

Download (561kB)
[img] Text (Bukti Korespodensi)
KorespodensiModelPembelajaranMateriMatematikasecaradaringdiSMA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com

Abstract

PkM bertujuan untuk pemodelan matematika. Saat online banyak yang tidak sesuai antara perencanaan dan pelaksanaan. Surve kementerian pendidikan dan lembanga UNICEF 2020 diperoleh 58% kurang efektif saat online. Surve juga dilakukan di SMA dan mendapati, 38% kurang motivasi, 35% alat komunikasi buruk, dan 62% membutuhkan internet gratis, 92% kesulitan konsep matematika secara online. Metode pelaksanaan PkM berbentuk studi kasus, dengan mengembangkan materi matematik. PkM dilaksanakan siswa IPA 1, 2 dan 3 kelas XI SMA Yadikan 11 Jatirangga Bekasi, tanggal 25-28 Mei 2021. Hasil PkM: 1) Bentuk materi yang dapat diiplementasikan secara daring 2) Strategi mengajar dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring, dengan respon sangat baik yaitu 90.50%, 3) Bentuk penilaian hasil belajar peserta didik menunjukan 87% sangat baik, 10% baik dan 3% cukup baik. Ada peningkatan peserta didik pasca PkM dilakukan, hal ini terlihat dari hasil belajar dan surve kepuasan peserta didik 89% menyatakan puas. Tindak lanjud dari PkM adalah memonitoring hasil belajar peserta didik dan mengadakan monev dengan guru matematika, membahas masalah, kesulitan peserta dan solusi yang harus dilakukan. Kesimpulan dari hasil PkM adalah adanya peningkatan minat peserta untuk belajar matematika berbantuan materi yang disusun pelaksana PkM. Materi yang disusun meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengatasi kesulitan. Kata kunci: Model Matematika; Strategi Matematika / PkM for mathematical modeling. When online of mismatch between planning and execution. The survey ministry of education and UNICEF agencies 2020 58% less effective online. The survey was also conducted in high school and found, 38% lack of motivation, 35% poor communication tools, and 62% need free internet, 92% have difficulty with online math. The method implementing PkM form of case studies, by developing mathematical material. PkM at SMA Yadikan 11 Jatirangga Bekasi, May 25-28 2021. PkM results: 1) There forms material can be implemented online 2) There are teaching strategies implementation of online learning, with a very good response, namely 90.50%, 3) The assessment student learning outcomes shows 87% very good, 10% good and 3% quite good. There increase in students after the PkM carried out, this can seen from the learning outcomes and student satisfaction surveys, and 89% said they were satisfied. Follow-up from PkM monitoring student learning outcomes and holding monev mathematics teachers, discussing problems, participant difficulties and solutions be done. The conclusion from the PkM results is there is increase participants' interest in learning mathematics with the help of materials prepared by PkM implementers. The prepared material improves student learning outcomes in overcoming difficulties Keywords: Mathematical Model; Mathematical Strategy

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:14
Last Modified: 13 Mar 2023 07:14
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10643

Actions (login required)

View Item View Item