Analisis Kebutuhan Pembelajaran Mandarin Dasar di SMPN 163 Jakarta

Elyana, Elyana (2022) Analisis Kebutuhan Pembelajaran Mandarin Dasar di SMPN 163 Jakarta. Bambuti : Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, 3 (2). pp. 43-50. ISSN 2797 2232

[img] Text
AnalisisKebutuhanPembelajaranMandarin.pdf

Download (624kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
TurnitinAnalisisKebutuhanPembelajaranMandarin.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.fbbunsada.id/bambuti/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan pembelajaran bahasa Mandarin dasar yang telah dilakuan di SMPN 163 Jakarta, sebagai rujukan untuk perlu tidaknya melakukan kegitan ini secara berlanjut serta untuk pengembangan materi dan pembuatan silabus. Dalam penelitian ini mengidentifikasikan kendala dalam mempelajari bahasa mandarin setelah mengikuti pembelajaran bahasa mandarin, manfaat mempelajari mandarin, keberlanjutan program pelatihan bahasa Mandarin dasar, serta kebutuhan mempelajari bahasa Mandarin dasar berdasarkan empat keahlian dasar berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 15 responden yang berasal dari murid SMPN 163, gurur serta orang tua Murid. Dari Analisis data kuesioner menyatakan bahwa mereka tertarik untuk mempelajari bahasa Mandarin dengan menambah jam kegiatan dan mengganti tema materi karena mereka sudah cukup paham dengan tema materi yang diberikan saat ini dengan jumlah persentasi 53.3%. dalam hal pengenalan dan penulisan Hanzi mereka mengalami kesulitan dengan jumlah persentase 93.3% peserta merasa sulit dalam ham mempelakari Hanzi. Hasil analisis kebutuhan pembelajaran bahasa Mandarin dasar menyimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahasa Mandarin untuk memahami percakapan dan kosakata sederhana. Kata kunci: analisis kebutuhan. Mandarin, pembelajaran./ The purpose of this study was to analyze the needs of basic Mandarin learning that has been carried out at 163 junior high school, as a reference for this activity continuously and for material development and syllabus making. This study identifies the obstacles in learning Mandarin after taking Mandarin lessons, the benefits of studying Mandarin, the sustainability of the basic Chinese language training program, and the need to learn basic Mandarin based on four basic language skills. This study uses a descriptive analysis method with a quantitative approach. The data was obtained by distributing questionnaires to 15 respondents from 163 junior high school students, teachers and parents. From the analysis of the questionnaire data, it was stated that they were interested in learning Mandarin by adding hours of activity and changing the theme of the material because they were quite familiar with the theme of the material given at this time with a percentage of 53.3%. in terms of recognizing and writing Hanzi they had difficulty with a total percentage of 93.3% of participants found it difficult to learn Chinese. The results of the analysis of learning needs for basic Chinese concluded that students need Chinese to understand simple conversation and vocabulary. Keywords: needs analysis. Mandarin, learning

Item Type: Article
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Depositing User: Mr Sahat Maruli Tua Sinaga
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:42
Last Modified: 22 Feb 2023 08:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item View Item