Adinugraha, Fajar and Ratnapuri, Adisti (2020) Modul Keanekaragaman Hayati Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Di Kabupaten Purworejo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5 (1). pp. 26-33. ISSN 2527-967X
Text
MODULKEANEKARAGAMANHAYATIDENGANPENDEKATAN.pdf Download (282kB) |
|
Text (Reviewer(Ibu Adisti Ratnaputri))
PreeRiviewModulKeanekaragamanHayatiDenganPendekatanKearifan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada materi Keanekaragaman Hayati. Selain itu, artikel ini mendeskripsikan konten dan karakteristik dari modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dilaksanakan pada tahun 2020. Modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya memiliki 15 karakteristik, yaitu mengandung unsur: desain sampul mencerminkan topik, bahasa komunikatif, scientific learning, meaningful learning, berpikir kritis inovatif, literasi dasar terutama literasi digital, pendidikan karakter, kajian etnobiologi, kajian etnopedagogi, keterampilan abad 21, joyful learning melalui kreativitas, student centered learning, ilustrasi/gambar/media yang mempermudah materi, orisinalitas isi dan penyajian, serta mengutamakan toleransi dan tidak diskriminatif. Kata Kunci : modul, kearifan lokal dan budaya, keanekaragaman hayati Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada materi Keanekaragaman Hayati. Selain itu, artikel ini mendeskripsikan konten dan karakteristik dari modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya. Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) yang dilaksanakan pada tahun 2020. Modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya memiliki 15 karakteristik, yaitu mengandung unsur: desain sampul mencerminkan topik, bahasa komunikatif, scientific learning, meaningful learning, berpikir kritis inovatif, literasi dasar terutama literasi digital, pendidikan karakter, kajian etnobiologi, kajian etnopedagogi, keterampilan abad 21, joyful learning melalui kreativitas, student centered learning, ilustrasi/gambar/media yang mempermudah materi, orisinalitas isi dan penyajian, serta mengutamakan toleransi dan tidak diskriminatif. Kata Kunci : modul, kearifan lokal dan budaya, keanekaragaman hayati
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | AGRICULTURE |
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 07:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 08:16 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8261 |
Actions (login required)
View Item |