Sumbung, Arniati Batu and Sihotang, Hotmaulina (2022) Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMA Kristen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4). pp. 5131-5140. ISSN 2656 8071
Text
ManajemenPendidikdanTenagaKependidikan.pdf Download (686kB) |
|
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinManajemenPendidikdanTenagaKependidikan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Untuk mencapai hasil yang optimal dalam sebuah manajemen sekolah maka seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan mengelola tenaga pendidik dan kependidikaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perencanaan, rekrutmen, pembinaan dan pengembangan, promosi dan mutasi, pemberhentian, dan kompensasi serta penghargaan kepada tenaga kependidikan di SMA Kristen Barana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode observasi, dan analisis deskriptif. Data diperoleh dari regulasi, literatur dan wawancara mendalam dengan pihak manajemen sekolah SMA Kristen Barana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Kristen Barana telah menunjukkan bahwa sekolah telah merencanakan sumber daya manusia yaitu tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan sekolah. Pelatihan dan pengembangan kompetensi guru dan juga staf telah dan akan selalu menjadi program sekolah yang harus dilaksanakan. Sekolah tidak pernah memberhentikan pendidik dan staf. Oleh karena itu sebagai rekomendasi kepada semua pihak, sekolah negeri atau swasta hendaknya kompetensi tenaga kependidikan lebih ditingkatkan, agar pendidikan di Indonesia semakin mencapai tujuan pendidikan nasional yang diharapkan. Kata Kunci: Manajemen, pendidik, tenaga kependidikan/ To achieve optimal results in school management, a school principal must have the ability to manage educators and education. This study aims to identify planning, recruitment, coaching and development, promotion and transfer, dismissal, and compensation and awards for education personnel at SMA Kristen Barana. This study uses a qualitative approach, observation method, and descriptive analysis. Data were obtained from regulations, literature, and in-depth interviews with the management of the SMK Kristen Barana. The results showed that SMA Kristen Barana has shown that the school has planned human resources, namely educators according to the needs and goals of the school. Training and competency development for teachers and staff has been and will always be a school program that must be implemented. The school never lays off educators and staff. Therefore, as a recommendation to all parties, educational institutions, both public and private schools, should further improve the competence of their educational staff, so that education in Indonesia will increase and be able to achieve the expected national education goals. Keywords: management, teachers, and staff
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Ms Mentari Simanjuntak |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 08:16 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 08:16 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8160 |
Actions (login required)
View Item |