Peran Komunikasi dalam suatu Organisasi The Role of Communication in an Organization

Nanlohy, Ariel Angelo and Siahaan, Chontina (2021) Peran Komunikasi dalam suatu Organisasi The Role of Communication in an Organization. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 1 (2). pp. 104-108.

[img] Text
PeranKomunikasidalamsuatuOrganisasi.pdf

Download (202kB)
[img] Text (Reviewer (Ibu Chontina))
ReviewerPeranKomunikasidalamsuatuOrganisasi.pdf

Download (100kB)
Official URL: https://www.jurnal.minartis.com/index.php/jkomdis/...

Abstract

Studi penelitian ini bertujuan untuk menciptakan mahasiswa yang mengerti makna terdalam dari komunikasi, dan melatih kepekaan manusia akan keterkaitan komunikasi dengan organisasi. Komunikasi merupakan hal yang menjadi kebiasaan setiap manusia. Setiap manusia tentu melakukan komunikasi dengan manusia yang lain setiap harinya. Komunikasi merupakan kegiatan penyampaian suatu pesan yang memiliki tujuan untuk mengerti persepsi antara komunikator kepada komunikan. Penelitian ini berlandaskan penelitian kualitatif dan diteliti secara individu. Pada proses usaha dalam menggerakkan potensi dan kemampuan dalam berorganisasi tentu didasari dengan berbagai aspek kemanusian. Hal tersebut tentu memotivasikannya anggota dalam menelaah berbagai macam motif kejiwaan. Di samping hal tersebut terdaoat kebutuhan dan dari situ lahirlah kepedulian yang memicu anggota dalam mewujudkan perilaku yang dikehendaki organisasi itu sendiri. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Komunikasi yaitu sebuah kegiatan untuk menyampaikan inti dari suatu entitas atau dari satu kumpulan pada kumpulan yang lain, yang dilalui oleh pemakaian sebuah petunjuk, ciri khas, serta berbagai bentuk kode yang tujuannya supaya dapat diterima dan saling memahami. (2) Organisasi ialah sebuah kesatuan yang menjadi wadah serta sarana dalam visi mencapai beberapa tujuan. Sasaran dalam organisasi dilandasi berbagai komponen yaitu terdapat banyak orang, tata hubungan kerja, spesialis pekerjaan dan kesadaran rasional dari anggota sesuai dengan kemampuan dan spesialisasi mereka masing-masing./ This research study aims to create students who understand the deepest meaning of communication, and train human sensitivity to the relationship between communication and organization. Communication is a habit of every human being. Every human being certainly communicates with other humans every day. Communication is an activity of delivering a message that has the aim of understanding the perception between the communicator to the communicant. This research is based on qualitative research and researched individually. In the business process in mobilizing the potential and ability in the organization, it is certainly based on various human aspects. This certainly motivates members to study various psychological motives. In addition to this, there is a need and from there a concern is born that triggers members to realize the desired behavior of the organization itself. The results of this study are: (1) Communication is an activity to convey the essence of an entity or from one collection to another, which is passed by the use of instructions, characteristics, and various forms of code whose purpose is to be accepted and understand each other. (2) The organization is a unit that becomes a forum and a means in the vision to achieve several goals. The goals in the organization are based on various components, namely there are many people, work relations, work specialists and rational awareness of members according to their respective abilities and specializations

Item Type: Article
Subjects: POLITICAL SCIENCE
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:48
Last Modified: 02 Jun 2022 04:48
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8020

Actions (login required)

View Item View Item