Putra, Prahastya (2022) Profil Persepsi Mahasiswa dan Tenaga Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia tentang Penggunaan Istilah Bahasa Latin dalam Dunia Kedokteran. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiDaftarTabelDaftarLampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (760kB) |
|
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (53kB) |
|
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (59kB) |
|
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (57kB) |
|
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (84kB) |
|
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (44kB) |
|
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (73kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (402kB) |
Abstract
Bahasa Latin merupakan bahasa yang familiar dalam dunia kesehatan terutama dalam dunia kedokteran, pada awalnya bahasa yang digunakan dalam dunia kesehatan menggunakan bahasa Yunani namun dengan adanya perkembangannya dalam tata bahasanya akhirnya bahasa Latin yang digunakan karena tata bahasa Latin sudah tidak berkembang sehingga dapat digunakan hingga saat ini tanpa memiliki perubahan arti yang berbeda. Dibalik penggunaannya, dalam pembelajaran bahasa Latin diperlukan pemahaman yang lebih untuk bisa menggunakan bahasa Latin dengan baik, hal ini digambari dari berbagai kesulitan serta cara pembelajaran untuk bahasa Latin itu sendiri. Dalam penelitian ini akan membahas lebih lanjut mengenai persepsi penggunaan bahasa Latin dalam dunia kesehatan dan menggunakan penelitian berbasis kuesioner pada mahasiswa aktif dan tenaga pengajar aktif Fakultas Kedokteran UKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan tenaga pengajar aktif Fakultas Kedokteran UKI mengenai penggunaan bahasa Latin dalam dunia kedokteran. Dengan menggunakan metode Cross-Sectional Study didapatkan 708 mahasiswa dan 49 tenaga pengajar Fakultas Kedokteran UKI yang menanggapi kuesioner tersebut. Dalam kuesioner tersebut sebagian besar responden mahasiswa merasa sulit untuk mempelajari istilah Latin dikarenakan keterbatasan pembelajaran bahasa, kemudian sebagian besar mahasiswa memiliki pendapat bahasa latin dapat diajarkan lebih spesifik pada mata kuliah kedokteran lainnya dan sebagian besar pendapat oleh tenaga pengajar menekankan bahwa pemahaman yang baik tentang nomenklatur atau istilah medis dalam bahasa Latin akan mendukung dalam mempelajari topik-topik di bidang medis lainnya. Maka dari itu, pengajaran bahasa Latin memiliki caranya tersendiri agar mahasiswa dapat memahaminya lebih baik lagi, dengan cara tenaga pengajar menyediakan media pembelajaran yang dapat menarik untuk mempelajarinya. Kata Kunci: Anatomi, bahasa Latin./ Latin is a language that is familiar in the world of health, especially in medicine, at first the language that used in medicine used Greek but with developments in grammar, finally Latin was used because Latin grammar had not developed so that it can be used until now without having a different meaning change. Behind its use, learning Latin requires a deeper understanding to be able to use Latin well, this is illustrated by the various difficulties and learning methods for Latin itself. In this study, we will discuss further the perception of the use of Latin in the world of health and the use of questionnaire-based research on active students and active teaching staff of the UKI Faculty of Medicine. This study aims to determine the perceptions of students and active teaching staff of the UKI Faculty of Medicine regarding the use of Latin in the medical world. By using the Cross-Sectional Study method, 708 students and 49 faculty members of the UKI Faculty of Medicine responded to the questionnaire. In the questionnaire most of the respondents found it difficult to learn Latin because of the limitations of language learning, then most of the students thought that Latin could be taught more specifically in other medical courses and most of the opinions by the teaching staff that a good understanding of not having or medical terms in Latin will support the study of topics in other medical fields. Therefore, teaching Latin has its own way so that students can understand it better, by means of teaching staff providing learning media that can be interesting to learn. Keywords: Anatomy, Latin Language.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | MEDICINE > Medicine (General) > History of medicine. Medical expeditions MEDICINE > Medicine (General) > Medical education. Medical schools. Research |
||||||||
Divisions: | FAKULTAS KEDOKTERAN > Pendidikan Dokter | ||||||||
Depositing User: | Users 1675 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2022 02:54 | ||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2022 02:54 | ||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |