Program Tutorial Mata Kuliah Etika Kristen sebagai Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa

Intarti, Esther Rela and Boiliu, Noh Ibrahim (2022) Program Tutorial Mata Kuliah Etika Kristen sebagai Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6 (1). pp. 1376-1388. ISSN 2580 1147

[img] Text
ProgramTutorialMataKuliahEtikaKristen.pdf

Download (336kB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu

Abstract

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai institusi pendidikan, Universitas Kristen Indonesia (UKI) tentu dituntut untuk mendidik para mahasiswa agar para mahasiswa dapat menjadi manusia yang utuh, berilmu, cerdas, tangguh, dan berkarakter. Upaya untuk membangun manusia yang tangguh dan berkarakter ini sejalan dengan nilai-nilai kekristenan yang seharusnya dipahami oleh para mahasiswa. Untuk mengimplementasikan nilai-nilai kristiani bagi para mahasiswa. Unit Pelayanan Kerohanian dan Konseling (UPKK) UKI melalui mata kuliah Etika Kristen membuat program tutorial etika kristen yang bertujuan agar mahasiswa mengenali konsep diri dan memahami tujuan hidup yang bermakna sehingga menjadi manusia yang tangguh dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai kristiani. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program tutorial etika Kristen dapat bermanfaat dan diterima oleh para mahasiswa Berdasarkan hasil analisis bahwa rancangan program tutorial mata kuliah Etika Kristen ini terstruktur dengan baik sehingga berdampak positif bagi para mahasiswa. Program tutorial mata kuliah Etika Kristen di UKI diperuntukkan bagi mahasiswa baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Kata Kunci: Program Tutorial, Etika Kristen, Konsep Diri, Mahasiswa. /The Christian University of Indonesia tries to answer these challenges through the implementation of Christian values for students at UKI. The Spiritual Services and Counseling Unit (UPKK) takes on this role by providing mentoring and coaching tutorials through the Christian Ethics course. The purpose of this study was to determine the positive roles of UPKK, assistant tutors, and lecturers of Christian Ethics in helping students recognize self-concepts. The method used in this research is descriptive qualitative method. Based on the results of the analysis, it was found that the tutorial program for the Christian Ethics subject held by the Indonesian Christian University had run well, was effective and had a positive role; The Christian Ethics tutorial program at UKI has been well designed; the Christian Ethics tutorial program at UKI helps students to better identify themselves; UKI's Christian Ethics tutorial program helps students find a purpose in life that is meaningful and meaningful to their life; The Christian Ethics tutorial program at UKI is the first community for UKI New Students to form their self-concept that is correct based on Christian values. Keywords: Tutorial Program, Christian Ethics, Self Concept, Student.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:05
Last Modified: 14 Feb 2022 06:05
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item View Item