Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Studi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pengelolaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Silou

Sinaga, Rosita Luxerida and Neolaka, Amos and Tampubolon, Hotner (2020) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Studi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pengelolaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Silou. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9 (2). pp. 88-101. ISSN 2301 5594

[img] Text
PeningkatanHasilBelajarBahasaIndonesiaSiswaStudi.pdf

Download (237kB)
[img] Text
PeerReviewPeningkatanHasilBelajarBahasaIndonesiaSiswaStudi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Persoalan pada pengamatan ini yaitu perolehan nilai bahasa Indonesia yang belum mencapai kriteria ketuntasan. Beberapa faktor penyebabnya adalah kompetensi dari guru yang masih belum sesuai dan pengelolaan pembelajaran yang kurang tepat. Pengamatan ini berfungsi dalam mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Data pengamatan ini ditelaah dengan memakai analisis jalur (Path analysis).Analisis hasil penelitian X1= 0,000 dan X2= 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa regresi pada model ini yaitu variabel X1dan X2berpengaruh signifikan terhadap Y. Kemudian berdasarkan hasil analisis jalur X1dan X2secara bersama-sama dengan Y didapatkan hasil 0,022 lebih kecil dari 0,05. Besarnya nilai R2atau RSquareyang terdapat pada tabel Model Summaryadalah sebesar 0,736, Hal ini menunjukkan pengaruh X1dan X2terhadap Y adalah sebesar 73,6%. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silou Kahean.Kata Kunci: Hasil Belajar, Kompetensi Pedagogik, Pengelolaan pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Alexander Jeremia
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:36
Last Modified: 10 Mar 2023 07:22
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item