Palangiran, Santiani and Tampubolon, Hotner and Tambunan, Witarsa (2021) Dampak Budaya Toraja terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1). pp. 1389-1393. ISSN 2614-3097
Text
DampakBudayaTorajaterhadapMutuPendidikandiKabupaten.pdf Download (221kB) |
|
Text (Peer_Review (Bapak Hotner))
PeerReviewDampakBudayaToraja.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dampak Budaya Toraja Terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Tana Toraja. Tesis Pascasarjana, Program Studi Administrasi/Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, 2021. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dampak dari budaya Toraja terhadap mutu pendidikan di Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tana Toraja dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dimana Penulis menggunakan teknik wawancara, obervasi dan studi pustaka serta dokumentasi dan dimana satuan kajiannya adalah orang orang yang terkait dalam kegiatan budaya dan pendidikan dalam lingkup Kabupaten Tana Toraja. Hasil Observasi menyatakan bahwa Budaya dan kegiatan adat yang berlangsung di Tana Toraja sangat mempengaruhi mutu pendidikan dimana kegiatan adat dan budaya ini melibatkan guru dan peserta didik sehingga kehadiran guru dan peserta didik di sekolah sangat kurang dan juga dalam hal ini peran dan kepedulian orang tua dan masyarakat masih sangat kurang dalam mendukung pendidikan serta peran pemerintah dalam hal ini yang mengeluarkan peraturan hanya secara lisan dan tidak ada sangsi bagi yang sering melanggar aturan dan dari pihak lembaga adat pun yang mengatur kegiatan adat dalamm masyarakat belum maksimal dalam membantu peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tana Toraja . Kata Kunci: Mutu pendidikan, Budaya / The Impact of Toraja Culture on the Quality of Education in Tana Toraja Regency. Postgraduate Thesis, Administration / Management Study Program of Indonesian Christian University, 2021. This research is aimed at knowing the impact of Toraja culture on the quality of education in Tana Toraja Regency. This research was conducted in Tana Toraja Regency using qualitative research methods where the author uses interview techniques, observation and literature study and documentation and where the study unit is related people in cultural and educational activities within the scope of Tana Toraja Regency. The results of the observation state that the culture and traditional activities that take place in Tana Toraja greatly affect the quality of education where these traditional and cultural activities involve teachers and students so that the presence of teachers and students in school is very lacking and also in this case the role and care of parents and the community still lacking in supporting education and the role of the government and related parties is not optimal in helping improve the quality of education in Tana Toraja Regency. Key Words: education quality, culture
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | SOCIAL SCIENCES |
Depositing User: | Mr Alexander Jeremia |
Date Deposited: | 29 Nov 2021 10:18 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 05:58 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/5905 |
Actions (login required)
View Item |