Samaloisa, Benhur and Azzahra, St Fatimah and Simanjuntak, Familia Novita (2019) Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Jakarta. In: SEMINAR NASIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Kristen Indonesia.
Text
PenggunaanModelProjectBasedLearninguntukMeningkatkanHasil.pdf Download (2MB) |
Abstract
Saat ini, sebagian besar pendidik di Indonesia belum menerapkan metode, model maupun pendekatan pembelajaran yang dapat merangsang motivasi belajar siswa. Pembelajaran yang berlangsung saat ini lebih berpusat pada guru (teacher centered. Berdasarkan observasi awal di SMAN 9 Jakarta, ditemukan bahwa dalam pembelajaran kimia masih berpusat pada guru (Teaching Centered Learning) sehingga siswa menjadi kurang aktif dan bosan yang dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa model Project Based Learning terhadap pembelajaran kimia, (2) untuk mengetahui berapa besar peningkatan penggunaan model Project Based Learning dengan materi stoikiometri penelitian ini menggunakan model pretest-postest only Design. Sampel penelitian 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan model Project Based Learning dan 29 siswa X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pilihan ganda beralasan berjumlah 15 butir soal. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t dengan Dependent Sample Test dengan program SPSS 24 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, model Project Based Learning terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen meningkat dari 35 menjadi 85 atau mengalami peningkatan 28.91%, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelompok kontrol dari 39 menjadi 77. Hasil uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov menunjukan nilai pretes kedua kelompok sig. 0.200 dan 0.086 > 0.05, sementara uji normalitas postes kedua kelompok sig. 0.077 dan 0.200 yang berarti data berdistribusi normal, demikian pula hasil uji homogenitas menggunakan levene menunjukan nilai sig. 0.996 yang berarti kedua data homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan Dependen Sample Test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, yang berarti Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | SCIENCE > Chemistry |
Depositing User: | Mr. Edi Wibowo |
Date Deposited: | 10 May 2021 10:41 |
Last Modified: | 10 May 2021 10:41 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/4396 |
Actions (login required)
View Item |