PENGAJARAN ESP DI STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG

Bangun, Setia (2018) PENGAJARAN ESP DI STKIP MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG. Dialektika, 8. pp. 47-59. ISSN 2338 2635

[img] Text
PengajaranSPDoIPMuhammadiyahSidenrengRappang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sungguhlah tepat ketika Quirk dkk (1973) mengemukakan bahwa ada empat kriteria objektif yang bisa dijadikan acuan untuk mengukur apakah sebuah bahasa dapat disebut sebagai bahasa Internasional yang sangat penting. Pertama, jumlah penutur asli (native speakers) bahasa tersebut. Kedua, sejauh mana bahasa itu tersebar secara geografis: di berapa benua dan negarakah bahasa itu digunakan? Ketiga, sejauh mana bahasa itu diperlukan sebagai bahasa pengantar ilmu atau kesusastraan. Terakhir, sejauh mana pengaruh ekonomi dan politik orang-orang yang menggunakan bahasa itu sebagai bahasanya sendiri. Hal yang menarik ialah bahwa berdasarkan kriteria manapun, bahasa Inggris adalah prominent (menonjol), berdasarkan dua atau tiga kriteria bahasa Inggris menjadi pre-eminent (sangat menonjol), dan berdasarkan kombinasi keempat kriteria, bahasa Inggris menjadi superlatively outstanding (luar biasa menonjol). Lulusan SMU telah belajar bahasa Inggris paling tidak selama enam tahun, namun kemampuan bernahasa Inggis mereka nampaknya masih kurang. Mereka yang kuliah di STKIP Muhammadiyah Rappang akan mengikuti mata kuliah Bahasa Inggris selama dua semester saja. Supaya waktu yang singkat itu dapat digunakan secara efektif dan efesien, penulis menyarankan agar diajarkan ESP di STKIP Muhammadiyah Rappang.

Item Type: Article
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE
Depositing User: Edi Wibowo
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:18
Last Modified: 22 Jan 2021 06:18
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item