Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium Fisika Di SMP Pusaka Rawaselang Training of The use Of Physics Laboratory Tools In SMP Pusaka Rawaselang

Guswantoro, Taat and Sianturi, Manogari and Faradiba, Faradiba and Gideon, Samuel and Lumbantobing, Septina Severina and Malau, Nya Daniaty and Lumbantobing, Yohana and Sumiyati, Sumiyati and Seprianus, Seprianus (2019) Pelatihan Penggunaan Alat Laboratorium Fisika Di SMP Pusaka Rawaselang Training of The use Of Physics Laboratory Tools In SMP Pusaka Rawaselang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3 (1). pp. 22-26. ISSN 2549 4899

[img] Text
PelatihanPenggunaanAlatLaboratorium.pdf

Download (415kB)
[img] Text (Reviewer)
PeereviewJurnalPelatihanPenggunaanAlatLaboratorium.pdf

Download (200kB)
Official URL: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/...

Abstract

Laboratorium merupakan sebuah sarana yang mendukung pembelajaran khususnya IPA, namun beberapa sekolah yang berada di daerah belum memiliki peralatan laboratorium yang memadahi, salah satunya adalah SMP Pusaka yang berada kecamatan Ciranjang. Pengukuran adalah salah satu materi dari pelajaran IPA, dalam melakukan pengukuran diperlukan alat ukur. Alat ukur yang sering diujikan di ujian nasional adalah jangka sorong, micrometer skrup dan multitester, tetapi alat ukur ini tidak tersedia di SMP Pusaka. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Kristen Indonesia melakukan pengabdian kepada masyarakat ke SMP Pusaka dengan melakukan kegiatan pelatihan penggunaan alat laboratorium berupa alat ukur jangka sorong, mikrometer skrup dan multitester serta menyumbangkan alat-alat tersebut. Pelatihan dilaksanakan kepada siswa kelas 7 SMP sejumlah 29 siswa, setelah pemaparan tim melakukan pendampingan kepada siswa untuk melakukan pengukuran dan mengisi lembar kerja yang telah disediakan, kemudian diberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman siswa dan kesan kepada instruktur. Dari hasil kuesioner yang dijawab oleh siswa menyatakan bahwa materi pelatihan mudah dipahami, diaplikasikan dan menambah pengetahuan, secara keseluruhan materi yang diajarkan mendapatkan respon baik dengan presentase rata-rata 86,6 %. Menurut kesan para siswa pelatih dari Pendidikan Fisika UKI memberikan perhatian, pendampingan dan penyajian materi yang baik dengan persentase rata-rata 85,4 %.

Item Type: Article
Subjects: SCIENCE > Physics
Depositing User: Mr. Admin Repository
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:22
Last Modified: 16 Jul 2021 14:16
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item