HUBUNGAN ANTARA PERSIAPAN MENGAJAR GURU DENGAN DAYA TANGKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XI DAN XII SMA 4 PSKD PANGLIMA POLIM

Manalu, Tuti Wati Boang (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSIAPAN MENGAJAR GURU DENGAN DAYA TANGKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS XI DAN XII SMA 4 PSKD PANGLIMA POLIM. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img]
Preview
Text (Cover_Daftar Isi_Abstrak)
Cover_Daftar Isi_Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
Pengesahan.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejaumanakah persiapan mengajar guru dengan daya tangkap siswa kelas XI dan XII di SMA 4 PSKD Panglima Polim. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa/i kelas XI dan XII SMA 4 PSKD Panglima Polim berjumlah 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi presentase. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan bentuk tabel. Metode ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Dari hasil penelitian dari kedua variabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel persiapan mengajar guru dengan daya tangkap siswa. Dengan kata lain bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak, hal ini di tunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,501 atau 50,1% yang menunjukkan korelasi kedua variabel adalah bernilai positif. Serta koefisien determinasi sebesar 0,251 atau 25,1% yang menunjukkan variabel persiapan mengajar guru memiliki hubungan dengan daya tangkap siswa sebesar 25,1% sedangkan 74,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal lain juga ditunjukkan dengan uji ANOVA atau F test, Fhitung sebesar 9,367dengan sig.= 0,005 < 0,05 artinya bahwa hubungan antara variabel X dengan Y positif. Berdasarkan tabel persamaan regresi koefisien menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 37,044 dan keefisien kemiringan garis persiapan mengajar guru sebesar 0,407X. Hubungan ini dapat dilihat dengan persamaan regresi dimana Ŷ= 37,044 + 0,407X, yang artinya jika hubungan persiapan mengajar guru dinaikkan satu tingkat maka akan mempengaruhi daya tangkap siswa sebesar 0,407. Hal ini berarti bahwa penelitian ini dapat diterima dimana terdapat hubungan yang positif dan signifikan dari persiapan mengajar guru dengan daya tangkap siswa kelas XI dan XII pada mata pelajara Pendidikan Agama Kristen di SMA 4 PSKD Panglima Polim.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: EDUCATION
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > Pendidikan Agama Kristen
Depositing User: Ms Yenny Novalita Gultom
Date Deposited: 10 Oct 2018 09:24
Last Modified: 10 Oct 2018 09:24
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item