Hubungan Budaya Organisasi dan Motivasi dengan Kinerja Guru Sekolah Don Bosco III Cikarang-Bekasi-Jawa Barat

Doa, Hendrikus I. Meze and Tampubolon, Hotner (2016) Hubungan Budaya Organisasi dan Motivasi dengan Kinerja Guru Sekolah Don Bosco III Cikarang-Bekasi-Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5 (1). pp. 82-115. ISSN 2301-5594

[img] Text
HUBUNGANBUDAYAORGANISASIDANMOTIVASI DENGAN KINERJAJAWABARAT.pdf

Download (408kB)
[img] Text (Peer_Review (Bapak Hotner))
PeerReviewHubunganBudayaOrganisasidanMotivasi.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/index

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan budaya organisasi dan motivasi dengan kinerja guru. Penelitian dilakukan di Sekolah Don Bosco III Cikarang, menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Uji coba dianalisis menggunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan test Alpha Cronbach. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov dan uji linearitas regresi. Sedangkan pengujian hipotesis mempergunakan uji korelasi sederhana, korelasi berganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linear dan ganda. Dalam penelitian ini, para guru dari TK sampai SMA dipilih sebagai unit analisis dan 67 sampel yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Budaya Organisasi(X1) dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,732 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,535. Artinya kontribusi yang diberikan oleh Budaya Organisasi(X1) kepada Kinerja Guru (Y) sebesar 53,5% dan selebihnya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dengan demikian Ho ditolak, dan tidak menolak H1, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Budaya Organisasi (X1) dengan Kinerja Guru (Y). Maknanya adalah jika Budaya Organisasi naik, maka Kinerja Guru di Sekolah Don Bosco III Cikarang juga akan ikut naik. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dan Motivasi (X2) dengan Kinerja Guru (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,894 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,799. Artinya kontribusi dan Motivasi (X2) kepada Kinerja Guru (Y) sebesar 79,9%, selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dengan demikian menolak Ho, dan tidak menolak H1. Artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara dan Motivasi (X2) dengan Kinerja Guru (Y).3). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Budaya Organisasi(X1) dan Motivasi (X2) secara bersama-sama dengan Kinerja Guru (Y) dengan korelasi ganda sebesar 0,921, dan koefisien determinasi (R square) 0,849, sedangkan koefisien determinasi ganda (Adjust R square) sebesar 0,844. Artinya kontribusi yang diberikan oleh Budaya Organisasi(X1) danMotivasi(X2)secara bersama-sama dengan Kinerja Guru(Y) sebesar 84,4% dan selebihnya dipengaruhi faktorfaktor lainnya. Dengan demikian menolak H0 dan tidak menolak H1, artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Budaya Organisasi dan Motivasi dengan Kinerja Guru di Sekolah Don Bosco III Cikarang. Kata kunci: Budaya Organisasi, Motivasi, Kinerja Guru

Item Type: Article
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Social pathology. Social and public welfare > Criminal justice administration > Police. Detectives. Constabulary > Administration and organization
EDUCATION
Depositing User: Ms Mentari Simanjuntak
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:01
Last Modified: 09 Mar 2022 06:02
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item View Item