Sirongo, Binamonika and Pit’ay, Essuy K. A and Ton, Degunias and Rantung, Djoys Anneke and Daniel, Stepanus (2025) Panggilan Gereja di Era Digital: Menjawab Kebutuhan Jemaat dengan Pendekatan Kurikulum Maria Harris. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 4 (2). pp. 89-100. ISSN 2828-951X
![]() |
Text
PanggilanGerejadiEraDigitalMenjawabKebutuhanJemaatdenganPendekatanKurikulumMariaHarris.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPanggilanGerejadiEraDigitalMenjawabKebutuhanJemaatdenganPendekatanKurikulumMariaHarris.pdf Download (525kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji relevansi dan implementasi kurikulum Maria Harris sebagai respons gereja terhadap tantangan pelayanan di era digital. Kurikulum Maria Harris, yang berfokus pada lima dimensi—didaskē (pengajaran), leitourgia (liturgi), koinonia (persekutuan), kerygma (pewartaan), dan diakonia (pelayanan)—dipandang relevan untuk membentuk karakter, iman, dan spiritualitas jemaat secara holistik. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, artikel ini menganalisis literatur terkait penerapan kelima dimensi kurikulum tersebut dalam konteks digital, seperti ibadah daring, kelas biblika, dan platform pelayanan berbasis media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dengan dimensi kurikulum Maria Harris dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas gereja dalam memenuhi kebutuhan rohani dan eksistensial jemaat modern. Artikel ini berkontribusi pada pemahaman teoretis dan praktis mengenai adaptasi gereja di era digital melalui kerangka kurikulum yang terstruktur.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr Faisal M |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 06:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |