Pedagogia Humanitatis: Transformasi Paradigmatik PAK sebagai Counter-Hegemony terhadap Diskriminasi Religius dalam Masyarakat Multikultural Indonesia

Rantung, Djoys Anneke (2025) Pedagogia Humanitatis: Transformasi Paradigmatik PAK sebagai Counter-Hegemony terhadap Diskriminasi Religius dalam Masyarakat Multikultural Indonesia. MANTHANO: Jurnal Pendidikan Kristen, 4 (2). pp. 113-129. ISSN 2828-951X

[img] Text
PedagogiaHumanitatisTransformasiParadigmatikPAKsebagaiCounterHegemonyterhadapDiskriminasiReigiusdalamMasyarakatMultikulturalIndonesia.pdf

Download (498kB)
[img] Text (Hasil_Turnitin)
HasilTurnitinPedagogiaHumanitatisTransformasiParadigmatikPAKsebagaiCounterHegemonyterhadapDiskriminasiReigiusdalamMasyarakatMultikulturalIndonesia.pdf

Download (603kB)
Official URL: https://ojs.stak-samarinda.ac.id/index.php/manthan...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ulang peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam konteks masyarakat majemuk Indonesia dengan menawarkan paradigma Humanitarian Religion. Paradigma ini menekankan kasih, empati, solidaritas, serta komitmen terhadap keadilan sosial sebagai landasan praksis iman Kristen. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan teologi publik, teori pendidikan kritis, filsafat keadilan, serta studi tentang pluralisme agama. Hasil kajian menunjukkan bahwa PAK dapat memperoleh relevansi baru apabila diarahkan pada pembelajaran yang berbasis dialog lintas iman, studi kasus sosial, dan nilai-nilai kemanusiaan universal. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pergeseran PAK dari model dogmatis ke arah praksis humanis yang membentuk warga gereja sebagai agen perdamaian, toleransi, dan keadilan sosial. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada tawaran kerangka konseptual PAK berbasis Humanitarian Religion yang belum banyak dieksplorasi dalam kajian pendidikan agama Kristen di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr Faisal M
Date Deposited: 10 Oct 2025 06:42
Last Modified: 10 Oct 2025 06:42
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

View Item View Item