Cesar, Leonard (2025) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN HUKUM DALAM SENGKETA MEREK TERKENAL BERDASARKAN PUTUSAN NOMOR 83/PDT.SUS-HKI/MEREK/2023/PN NIAGA JKT. PST. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_isi_Daftar_tabel_Daftar_Gambar_Daftar_Singkatan_Daftar_Lampiran_Abstrak)
HalJudulDaftarisiDaftartabelDaftarGambarDaftarSingkatanDaftarlampiranAbstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (892kB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (866kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (807kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DaftarPustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (817kB) |
Abstract
ABSTRAK A. Nama : Leonard Cesar B. NIM : 2140050158 C. Bagian : Praktisi Hukum D. Judul : Analisis Yuridis Terhadap Pelaksanaan Hukum Dalam Sengketa Merek Terkenal Berdasarkan Putusan Nomor. 83/Pdt.Sus-HKI/Merek/2023/PN Niaga Jkt. Pst. E. Halaman : i-xiii 122 Halaman + Daftar Pustaka + Lampiran F. Kata Kunci : Pelaksanaan Hukum Dalam Sengketa Merek Terkenal G. Ringkasan Isi : Dalam dunia mahakarya intelektual, Merek merupakan identitas bagi para pelaku usaha dalam mengayomi dunia ekonomi dan bisnis. Merek memberikan Hak Eksklusif bagi setiap orang yang menguasainya. Penguasaan Merek menjadikan Merek tersebut menjadi Merek yang dapat diketahui secara umum. Secara tidak langsung, Merek tersebut dapat berevolusi menjadi Merek Terkenal sesuai dengan ketentuan yang mengaturnya sehingga para pelaku usaha dapat menciptakan iklim tersendiri dalam persaingan usaha mereka. Di Indonesia terdapat pengaturan mengenai Merek Terkenal yang dituangkan dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Namun, kerap muncul permasalahan yang menjadi sengketa Merek Terkenal. Hal ini disebabkan oleh bentuk implementasi dari perlindungan hukum dalam pelaksanaannya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, bagaimana implementasi Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis terhadap Merek Terkenal, dan bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam memutuskan putusan hukum terhadap sengketa Merek Terkenal Nomor 83/Pdt.Sus-HKI/Merek/2023/PN Niaga Jkt.Pst. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengejawantahan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis terhadap Merek Terkenal belum bisa memberikan penafsiran yang tegas dalam menentukan kriteria Merek Terkenal, dan masih adanya celah dari pelaksanaan hukum Merek Terkenal yang bersumber dari pertimbangan hakim dalam memberikan kemanfaatan hukum dalam dinamika dan sengketa Merek Terkenal. H. Daftar Acuan : 23 buku + 8 peraturan perundang-undangan I. Dosen Pembimbing I : Dr. Rr. Ani Wijayati, S.H., M.Hum. Dosen Pembimbing II : Chris Anggi Natalia Berutu, S.H., M.Kn."/"ABSTRACT A. Name : Leonard Cesar B. SIN : 2140050158 C. Division : Legal Practitioners D. Title : Legal analysis of law implementation in a famous Trademark dispute based on dicision number. 83/Pdt.Sus HKI/Merek/2023/PN Niaga Jkt. Pst. E. Pages : i-xiii 122 Pages + Bibliography + Attachment F. Key Words : Law enforcement in Well-Known Marks disputes G. Summary : In the world of intellectual masterpieces, Brands are an identity for business actors in protecting the economic and business world. Brands grant Exclusive Rights to everyone who owns them. Trademark Mastery makes the Brand a Publicly Identifiable Brand. Indirectly, the Brand can evolve into a Well-Known Marks in accordance with the provisions that govern it so that business actors can create their own climate in their business competition. In Indonesia, there are regulations regarding Well-Known Marks which are outlined in the provisions of Law Number 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications. However, problems often arise that become disputes over Famous Brands. This is due to the form of implementation of legal protection in its implementation. The formulation of the problem in this thesis is, how to implement Law of the Republic of Indonesia No. 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications for Well-Known Marks, and how are the judges' legal considerations in deciding the legal decision on the dispute over Well-Known Marks Number 83/Pdt.Sus-HKI/Brand/2023/PN Niaga Jkt.Pst. This study concludes that the embodiment of Law Number 20 of 2016 concerning Trademarks and Geographical Indications for Well-Known Marks has not been able to provide a firm interpretation in determining the criteria for Well-Known Marks, and there are still loopholes in the implementation of the Law on Famous Trademarks which are sourced from the judge's consideration in providing legal benefits in the dynamics and disputes of Well-Known Marks. H. Reference list : 23 books + 8 laws and regulations I. Supervisor I : Dr. Rr. Ani Wijayati, S.H., M.Hum. Supervisor II : Chris Anggi Natalia Berutu, S.H., M.Kn.
Actions (login required)
![]() |
View Item |