PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PEREMPUAN PENGIKUT AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @NAZWAADINDA_

Simanjuntak, Rina Febriyanti (2025) PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PEREMPUAN PENGIKUT AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @NAZWAADINDA_. S1 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabel)
HalJudulAbstrakDaftarIsiDaftarGambarDaftarTabel.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (787kB)
[img] Text (BABI.pdf)
BABI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (BABII.pdf)
BABII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (502kB)
[img] Text (BABIII.pdf)
BABIII.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (323kB)
[img] Text (BABIV.pdf)
BABIV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (BABV.pdf)
BABV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (DaftarPustaka.pdf)
DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (412kB)
[img] Text (Lampiran.pdf)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (640kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada pengaruh celebrity endorser instagram Nazwa Adinda terhadap fenomena perilaku impulsive buying perempuan di Bekasi Utara. Di wilayah Bekasi Utara, trend konsumsi berbasis media sosial menunjukkan peningkatan yang signifikan oleh perempuan dikarenakan pemasaran digital oleh endorsement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena perilaku impulsive buying terhadap endorse nazwa adinda di instagram pada perempuan di bekasi utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif. Dimana penulis melakukan interpretasi data dan menjelaskan fenomena atau masalah manusia yang berupa data mengumpulkan dan menganalisis data yang bersifat naratif dalam bentuk kata-kata, gambar dan penjelasan berdasarkan kondisi realitas atau nyata. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil temuan penelitian, fenomena impulsive buying yang terjadi pada perempuan di bekasi utara oleh adanya endorsement Instagram Nazwa Adinda ialah membeli tanpa berpikir panjang erat kaitannya dengan adanya rasa ketertarikan, sedang viral, selalu muncul dan terlihat pada beranda instagram calon pembeli/followers, dll. Tidak adanya pertimbangan kegunaan barang dikarenakan harga sedang murah, kepercayaan terhadap endorser atau pengiklan produk yang menimbulkan karakter peniru, keinginan memiliki varian berbeda, dan lain-lain. Dan membeli tanpa rencana juga dilakukan karena penampilan fisik endorser, sedang tidak beraktivitas atau jenuh, marketing endorser. Serta temuan secara afektif yakni karna dorongan perasaan yang tidak ingin kecewa atau adanya harapan terhadapan endorser nazwa adinda, kesibukan beraktivitas, pengaruh lingkungan, keinginan memiliki. Dan adanya rasa senang ketika melakukan pembelian seperti harga murah dan diskon, kesenangan setelah membeli dan menerima bungkusan paket membuat hilangnya kontrol diri, yang terjadi dikarenakan aktivitas keseharian yang rutin melihat dan menonton media sosial instagram. Dan cenderung memiliki rasa penyesalan setelah membeli barang yang cukup banyak dengan varian yang sama tetapi tidak bisa dipakai untuk jangka waktu lama, menumpuk barang yang belum tentu akan dapat digunakan pada jangka waktu yang direncanakan, tidak dapat menjual kembali dengan harga tinggi. Kata Kunci: Fenomena, Impulsive Buying, Endorsement Instagram, Wanita ABSTRACT This research focuses on the influence of Instagram celebrity endorser Nazwa Adinda on the phenomenon of impulsive buying behavior among women in North Bekasi. In the North Bekasi area, social media-based consumption trends show a significant increase among women due to digital marketing through endorsements. The aim of this research is to understand the phenomenon of impulsive buying behavior towards Nazwa Adinda's endorsements on Instagram among women in North Bekasi. This study uses a qualitative research approach, where the author data interpretation and explains human phenomena or problems in the form of collecting and analyzing data that is narrative in nature, presented in words, images, and explanations based on real or factual conditions. The informants in this research were selected using purposive sampling technique. The research findings reveal that the phenomenon of impulsive buying occurring among women in North Bekasi due to the Instagram endorsement by Nazwa Adinda is characterized by purchasing without much thought, closely related to feelings of attraction, being viral, frequently appearing and visible on the Instagram feed of potential buyers/followers, etc. There is a lack of consideration for the utility of the items due to low prices, trust in the endorser or product advertiser that creates imitative behavior, a desire to own different variants, and so on. And purchasing without a plan is also done because of the physical appearance of the endorser, being inactive or bored, the endorser's marketing. Moreover, the findings affectively occur because of the urge from feelings of not wanting to be disappointed or having hopes related to the endorser, busy activities, environmental influences, and the desire to own. Additionally, there is a sense of joy when making a purchase, such as cheap prices and discounts, and the pleasure after buying and receiving package deliveries leads to a loss of self-control, which occurs due to daily activities of routinely seeing and watching Instagram social media. There is also a tendency to feel regret after purchasing a considerable amount of items with the same variety but cannot be used for a long duration, accumulating items that may not necessarily be usable within the planned timeframe, and being unable to resell them at a high price. Keywords: Phenomenon, Impulsive Buying, Instagram Endorsement, Women

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSimatupang, Sunengsih0308096504sunengsih.simatupang@uki.ac.id
Subjects: LANGUAGE AND LITERATURE > Philology. Linguistics > Communication. Mass media
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Rina Febriyanti Simanjuntak
Date Deposited: 26 Jul 2025 14:23
Last Modified: 26 Jul 2025 14:23
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/20078

Actions (login required)

View Item View Item