Analisis Risiko Fraud Pada Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Studi Kasus Pada Bank XYZ)

Kristiono S, Susilo (2025) Analisis Risiko Fraud Pada Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) (Studi Kasus Pada Bank XYZ). S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.

[img] Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Abstrak)
HalJudulDaftarIsiAbstrak.pdf

Download (787kB)
[img] Text (BAB_I)
BABI.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB_II)
BABII.pdf

Download (766kB)
[img] Text (BAB_III)
BABIII.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB_IV)
BABIV.pdf

Download (676kB)
[img] Text (BAB_V)
BABV.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR_PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

Selama periode 3 (tiga) tahun terakhir, kualitas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank XYZ menunjukkan kenaikan persentase Non Performing Loan (kredit bermasalah) di atas 5% melebihi batas maksimum NPL yang ditetapkan OJK, selain itu jumlah klaim yang ditolak oleh perusahaan penjaminan pada periode 3 tahun terakhir menunjukkan peningkatan yang signifikan sampai sebesar 10%, sementara rasio klaim pada Bank XYZ menunjukkan persentase paling tinggi diantara Bank Himbara. Penolakan klaim KUR lebih dominan disebabkan karena proses penyaluran KUR tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, antara lain adanya indikasi fraud yang dilakukan oleh pegawai bank. Dampak penolakan KUR tersebut, menyebabkan kredit macet tidak dapat diselesaikan, sehingga menimbulkan kerugian pada perusahaan. Dari laporan audit internal yang diperoleh, bahwa selama tahun 2024 pelaku fraud pada kasus penyaluran KUR di Bank XYZ, menunjukkan angka yang cukup tinggi. Adapun tujuan penelitian, untuk mendapatkan gambaran (dalam peta bisnis) penyebab debitur gagal bayar pada penyaluran KUR, yang terindikasi fraud pada Bank XYZ, untuk mengukur besarnya risiko-risiko penyebab debitur gagal bayar pada penyaluran KUR, yang terindikasi fraud pada Bank XYZ, dan untuk menentukan langkah atau kebijakan atas risiko-risiko yang terjadi (mitigasi risiko) dalam mengurangi penyebab debitur gagal bayar pada penyaluran KUR di Bank XYZ yang terindikasi adanya fraud dalam meninimalisir kerugian pada Bank XYZ. Lokasi penelitian di Bank XYZ, berada di wilayah Jabodetabek dengan obyek penelitian adalah Analisis Risiko Fraud Pada Penyaluran Kredit Usaha Rakyat di Bank XYZ dengan periode waktu tahun 2020 sampai dengan 2023. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah brainstorming, kuesioner, dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan Fishbond Diagram dan Hea Map. Hasil pengukuran risiko diperoleh 11 penyebab debitur gagal bayar yang terindikasi fraud dikelompokkan ke dalam 4 (empat) aspek ; process, people, policy, dan system. Terhadap 9 (sembilan) penyebab debitur gagal bayar pada penyaluran KUR, yang terindikasi fraud pada Bank XYZ, yang berada pada risiko rendah masuk kedalam perlakuan risiko accept/monitor sehingga tidak diperlukan upaya tambahan tindakan mitigasi risiko diluar yang sudah ada. Sedangkan 2 (dua) penyebab debitur gagal bayar, yang berada risiko rendah ke moderat disarankan untuk diambil tindakan reduce/mitigasi. Dengan mengetahui dampak dan peluang dari terjadinya penyebab debitur gagal bayar, maka dapat dilakukan mitigasi kemungkinan dan mitigasi dampak dengan tepat dan benar, sehingga diharapkan dapat mengurangi dan bahkan menghindari risiko yang akan terjadi./During the last 3 (three) years, the quality of distribution of People's Business Credit (KUR) at Bank XYZ showed an increase in the percentage of Non-Performing Loans (problematic loans) above 5% exceeding the maximum NPL limit set by OJK, in addition, the number of claims rejected by the guarantee company in the last 3 years showed a significant increase of up to 10%, while the claim ratio at Bank XYZ showed the highest percentage among Himbara Banks. The rejection of KUR claims was more dominant because the KUR distribution process did not comply with applicable provisions, including indications of fraud committed by bank employees. The impact of the KUR rejection caused bad debts to not be resolved, resulting in losses for the company. From the internal audit report obtained, during 2024 the perpetrators of fraud in the KUR distribution case at Bank XYZ showed a fairly high number. The purpose of the study is to obtain an overview (in a business map) of the causes of debtors defaulting on KUR distribution, which is indicated as fraud at Bank XYZ, to measure the magnitude of the risks of debtors defaulting on KUR distribution, which is indicated as fraud at Bank XYZ, and to determine steps or policies for the risks that occur (risk mitigation) in reducing the causes of debtors defaulting on KUR distribution at Bank XYZ which is indicated as fraud in minimizing losses at Bank XYZ. The location of the study at Bank XYZ, located in the Jabodetabek area with the object of the study being Fraud Risk Analysis in the Distribution of People's Business Credit at Bank XYZ with a time period of 2020 to 2023. The data collection methods used were brainstorming, questionnaires, and interviews. The technical data analysis used Fishbond Diagram and Heatmap. The results of the risk measurement obtained 11 causes of debtors defaulting on fraudulent indications grouped into 4 (four) aspects; process, people, policy, and system. For the 9 (nine) causes of debtors defaulting on KUR distribution, which are indicated as fraud at Bank XYZ, which are at low risk, they are included in the accept/monitor risk treatment so that no additional risk mitigation efforts are needed outside of the existing ones. Meanwhile, for the 2 (two) causes of debtors defaulting on payment, which are at low to moderate risk, it is recommended to take reduce/mitigate actions. By knowing the impact and opportunities of the causes of debtors defaulting on payment, mitigation of possibilities and mitigation of impacts can be carried out appropriately and correctly, so that it is expected to reduce and even avoid the risks that will occur.

Item Type: Thesis (S2)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLegowo, Poerwaningsih S861256/0323036004poerwaningsih.s@uki.ac.id
Thesis advisorSintha, Lis201305/032096401lis.shinta@uki.ac.id
Subjects: SOCIAL SCIENCES > Management
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA > Magister Manajemen
Depositing User: Susilo Kristiono S
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:04
Last Modified: 18 Mar 2025 03:04
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18617

Actions (login required)

View Item View Item