Romana, Muhammad Saentia (2025) Implementasi Manajemen Risiko Pada Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Terkait Bisnis (Studi Kasus Perusahaan Life Insurance). S2 thesis, Universitas Kristen Indonesia.
![]() |
Text (Hal_Judul_Daftar_Isi_Daftar_Gambar_Daftar_Tabel_Daftar_Lampiran)
HalJudulAbstrakDaftarisiDaftarGambarDaftarTabelDaftarlampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB_I)
BABI.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text (BAB_II)
BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB_III)
BABIII.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
![]() |
Text (BAB_IV)
BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
![]() |
Text (BAB_V)
BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
![]() |
Text (Daftar_Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (155kB) |
Abstract
Perusahaan Life Insurance menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) setiap tahunnya. RKAP tahun 2025 telah disusun sesuai prognosa pencapaian tahun 2024 dengan tentunya strateginya mengacu kepada rencana jangka panjang perusahaan (RJPP) 2025-2029. Pencapaian perusahaan pada tahun sebelumnya dengan menggunakan data prognosa dijadikan acuan dalam penyusunan RKAP. Faktor eksternal perusahaan berupa kondisi makro ekonomi serta sosial politik merupakan faktor yang dipertimbangkan. Kemudian faktor internal perusahaan seperti pendapatan premi, klaim, laba underwriting dan lain lain juga merupakan faktor pertimbangan lainnya dalam penyusunan RKAP 2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melakukan perhitungan penilaian probabilitas risiko dan dampak risiko pada program kerja RKAP agar memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif terkait manajemen risiko. Dalam mengelola risiko Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan, perusahaan harus memastikan seluruh target perusahaan selaras dengan strategi dan tujuan Perusahaan. Dari Program mitigasi risiko difokuskan pada peningkatan keterampilan dan efisiensi operasional. Program pelatihan dan mentoring dirancang untuk memperkuat kemampuan agen asuransi dalam penjualan melalui pelatihan rutin dan pendampingan langsung dari top sales leader. Selain itu, pengembangan SOP untuk klasifikasi prospek dan aplikasi pemasaran dengan fitur fact finding intuitif membantu mengoptimalkan proses prospek dan penjualan. Dalam aspek kolaborasi, skema insentif khusus dan KPI spesifik diterapkan untuk mendorong efektivitas join sales, dengan evaluasi berkala untuk memastikan hasil yang optimal. Sinkronisasi sistem tarif dan benefit juga ditingkatkan melalui modul yang fleksibel dan kolaborasi lintas fungsi. Penerapan konsep gatekeeper didukung dengan insentif bagi provider tingkat pertama serta integrasi sistem aplikasi dengan BPJS Kesehatan untuk memastikan sinkronisasi data yang real-time. Kata Kunci:Implementasi,Manajemen Resiko,Rencana Kerja, anggaran / Life Insurance companies prepare the Company Work Plan and Budget (RKAP) every year. The 2025 RKAP has been prepared according to the 2024 achievement prognosis with the strategy referring to the company's long-term plan (RJPP) 2025-2029. The company's achievements in the previous year using forecast data are used as a reference in preparing the RKAP. External factors of the company in the form of macroeconomic and socio-political conditions are factors that are considered. Then internal factors of the company such as premium income, claims, underwriting profit and others are also other considerations in preparing the 2025 RKAP. This study uses a qualitative method to calculate the risk probability assessment and the impact of risk on the RKAP work program in order to obtain a more comprehensive understanding of risk management. In managing the risk of the Company's Work Plan and Budget, the company must ensure that all company targets are in line with the Company's strategy and objectives. The risk mitigation program focuses on improving skills and operational efficiency. Training and mentoring programs are designed to strengthen the ability of insurance agents in sales through routine training and direct assistance from top sales leaders. In addition, the development of SOPs for prospect classification and marketing applications with intuitive fact-finding features helps optimize the prospecting and sales process. In terms of collaboration, special incentive schemes and specific KPIs are implemented to drive the effectiveness of join sales, with periodic evaluations to ensure optimal results. The synchronization of tariff and benefit systems is also enhanced through flexible modules and cross-functional collaboration. The implementation of the gatekeeper concept is supported by incentives for first-level providers and the integration of the application system with BPJS Kesehatan to ensure real-time data synchronization. Keywords: Implementation, Risk Management, Work Plan, budget
Item Type: | Thesis (S2) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | SOCIAL SCIENCES > Finance > Insurance > Life insurance > Life insurance business. Management | ||||||||||||
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA > Magister Manajemen | ||||||||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Saentia Romana | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |