Marpaung, Flowrent Natalia and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) MODEL PEMBELAJARAN KATEKISASI BAGI ANAK PENYANDANGAUTISME: TINJAUAN PAK TERHADAPPROSES KATEKISASI BAGI ANAK PENYANDANGAUTISME DI JEMAAT HKBP PALANGKARAYA. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3 (2). pp. 203-212. ISSN 2810-0042
![]() |
Text
MODELPEMBELAJARANKATEKISASI.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinModelPembelajaranKatekisasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sebagai orang Kristen, gereja merupakan salah satu wadah agar ilmu dan spiritualitas kita dapat berkembang. Maka dari itu, pengembangan iman di gereja merupakan langkah yang baik untuk diajarkan dari anak-anak hingga kepada orang dewasa. Salah satu kegiatan orang Kristen yang dapat menumbuhkan iman dan cinta-Nya kepada Firman Tuhan adalah dengan melaksanakan sidi. Namun sebelum melaksanakan sidi, terlebih dahulu untuk melakukan katekisasi. Katekisasi merupakan salah satu bagian yang tidak dapat lepas, khususnya kepada orang dewasa. Namun pada dasarnya, model pembelajaran pada katekisasi menjadi hal yang perlu kita perhatikan agar anak-anak yang beranjak dewasa dalam iman agar tertarik dan dapat melihat karunia Allah. Model pembelajaran sebagai tantangan kepada gereja agar dapat berinovasi demi pengajaran yang maksimal. Selain model pembelajaran kepada anak-anak katekisasi, khususnya kepada anak yang mengalami autisme, dapat menjadi sebuah hal yang baru bagi gereja. Karena mayoritas gereja masih belum menyadari bahwa anak-anak penyandang autisme perlu diperhatikan khususnya di dalam model pembelajaran katekisasi.Kata Kunci : Autisme, Katekisasi, Gereja / As Christians, the church is a place forour knowledge and spirituality to develop. Therefore, faith development in the church is a good step to be taught from children to adults. One of the Christian activities that can grow His faith and love for God's Word is to carry out sidi. But before carrying out sidi, first to do catechism. Catechism is a part that cannot be separated, especially for adults. But basically, the learning model for catechism is something we need to pay attention to so that children who grow up in faith are interested and can see God's gifts. The learning model is a challenge to the church so that it can innovate for maximum teaching. In addition to the learning model for catechism children, especially for children who have autism, it can be a new thing for the church. Because the majority of churches still do not realize that children with autism need special attention in the catechism learning model.Keywords:Autism, Catechism, Church
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr A Evan Harso Kristanto |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 09:47 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 09:47 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18539 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |