Sinaga, Rut Yesika Br and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Relasi Agama dan Budaya Menurut Durkheim Sebagai Peran PAK Dewasa dalam Mengkonstruksi Pemahaman Jemaat Terhadap Tradisi Mengongkal Holi. Jurnal Teologi Cultivation, 7 (2). pp. 126-144. ISSN 25810510
![]() |
Text
RelasiAgamadanBudayaMenurutDurkheim.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinRelasiAgamadanBudayaMenurutDurkheim.pdf Download (4MB) |
Abstract
Budaya adalah warisan nenek moyang yang terus berkembang, namun integrasi antara agama dan budaya sering menimbulkan perdebatan dalam suatu masyarakat. Ritual Mangongkal Holi suku Batak Toba di Sumatera Utara menjadi subjek penelitian dalam kaitannya dengan perspektif agama Kristen. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan pandangan Durkheim tentang hubungan agama dan budaya sebagai alat analisis terhadap Mangongkal Holi. Selain itu, peneliti menawarkan peran Pendidikan Agama Kristen Dewasa sebagai solusi terkait integrasi agama dan budaya dalam tradisi ini. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. penelitian menunjukkan betapa solidaritas moral dalam agama Kristen mempengaruhi pemahaman dan praktik tradisi Mangongkal Holi. Selain itu, Pendidikan Agama Kristen Dewasa diusulkan sebagai metode pendidikan untuk memperkuat pemahaman jemaat terhadap hubungan agama dan tradisi budaya ini. Pendekatan ini menekankan pengarahan diri dan keinginan untuk belajar secara berkelanjutan sebagai elemen penting dalam memahami integrasi agama dan budaya. Kata kunci: PAK dewasa; relasi agama dan budaya; tradisi mangongkal holi / Culture is a legacy of ancestors that continues to develop, but the integration of religion and culture often causes debate in a society. The Mangongkal Holi ritual of the Toba Batak tribe in North Sumatra is the subject of research in relation to the perspective of Christianity. This research aims to use Durkheim's view of the relationship between religion and culture as a tool to analyze Mangongkal Holi. In addition, the researcher offers the role of Adult Christian Religious Education as a solution regarding the integration of religion and culture in this tradition. The research shows how moral solidarity in Christianity influences the understanding and practice of the Mangongkal Holi tradition. In addition, Adult Christian Religious Education is proposed as an educational method to strengthen congregants' understanding of the relationship of religion and this cultural tradition. This approach emphasizes self-direction and the desire for continuous learning as important elements in understanding the integration of religion and culture. Keywords: adult CRE; religious and cultural relations; mangongkal holi tradition
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity EDUCATION EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education |
Depositing User: | Mr A Evan Harso Kristanto |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 09:19 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 09:19 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |