Agnesia, Minda G. x and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2024) Analisis Teori Hirarki Kebutuhan A. Maslow Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusai, 8 (1). pp. 4595-4609. ISSN 26143097
![]() |
Text
AnalisisTeoriHirarkiKebutuhanA.Maslow.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinAnalisisTeoriHirarkiKebutuhanA.Maslow.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pandemi mendorong dunia pendidikan untuk lebih memanfaatkan media teknologi, meskipun sebelumnya kontroversial, terutama untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teori hirarki kebutuhan A. Maslow untuk menganalisis pemanfaatan media teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Hasilnya menunjukkan bahwa teori ini dapat mengidentifikasi sejauh mana media teknologi memenuhi kebutuhan anak pada setiap tingkatan hirarki. Melalui studi literatur, ditemukan bahwa media teknologi dapat efektif digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran, interaksi sosial, dan pengembangan diri anak usia dini. Kesimpulannya, teori hirarki kebutuhan A. Maslow memberikan panduan berharga untuk memahami dan mengoptimalkan peran media teknologi dalam pendidikan anak usia dini, dengan memperhatikan kebutuhan anak pada setiap tingkatan hirarki kebutuhan. Kata kunci: media, pendidikan, teknologi, A. Maslow / ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 4595-4609 Volume 8 Nomor 1 Tahun 2024 Jurnal Pendidikan Tambusai 4595 Analisis Teori Hirarki Kebutuhan A. Maslow Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Minda G. Agnesia1 Djoys A. Rantung2 Lamhot Naibaho3 Program Studi Magister Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia e-mail: mindasinaga@gmail.com Abstrak Pandemi mendorong dunia pendidikan untuk lebih memanfaatkan media teknologi, meskipun sebelumnya kontroversial, terutama untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teori hirarki kebutuhan A. Maslow untuk menganalisis pemanfaatan media teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Hasilnya menunjukkan bahwa teori ini dapat mengidentifikasi sejauh mana media teknologi memenuhi kebutuhan anak pada setiap tingkatan hirarki. Melalui studi literatur, ditemukan bahwa media teknologi dapat efektif digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran, interaksi sosial, dan pengembangan diri anak usia dini. Kesimpulannya, teori hirarki kebutuhan A. Maslow memberikan panduan berharga untuk memahami dan mengoptimalkan peran media teknologi dalam pendidikan anak usia dini, dengan memperhatikan kebutuhan anak pada setiap tingkatan hirarki kebutuhan. Kata kunci: media, pendidikan, teknologi, A. Maslow Abstract The pandemic has prompted the education sector to make more use of technological media, despite prior controversies, especially concerning early childhood education. This study uses A. Maslow's hierarchy of needs theory to analyze the use of technological media in early childhood education. The results suggest that this theory can identify the extent to which media technology meets the needs of children at every level of the hierarchy. Through literature studies, it was found that technological media can be effectively used to facilitate learning, social interaction, and early childhood self-development. In conclusion, A. Maslow's hierarchy of needs theory provides valuable guidance for understanding and optimizing the role of technology media in early childhood education, taking into account the needs of children at every level of the needs hierarchy. Keywords : media, education, technology, A. Maslow
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr A Evan Harso Kristanto |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:38 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:38 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |