Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital

Sagala, Kartika Putri and Naibaho, Lamhot and Rantung, Djoys Anneke (2024) Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 06 (01). pp. 1-8. ISSN 26856921

[img] Text
TantanganPendidikanKarakterdiEra Digital.pdf

Download (179kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinTantanganPendidikanKarakterdiEraDigital.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/index

Abstract

Dalam lingkungan digital, siswa dihadapkan pada berbagai stimulasi yang dapat memengaruhi pembentukan karakter mereka. Tantangan utama melibatkan bagaimana mengajarkan kejujuran dan tanggung jawab di tengah arus informasi yang berlimpah, serta membimbing generasi muda untuk mengembangkan literasi digital yang seimbang dengan nilai-nilai kehidupan. Tantangan lain yang mencakup perkembangan perilaku cyberbullying, kecanduan media sosial, dan kurangnya pengawasan dalam pemanfaatan teknologi. Diperlukan upaya kolaboratif antara pendidik, orang tua, dan pihak terkait untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang seimbang, di mana teknologi dapat menjadi alat yang mendukung pengembangan karakter, bukan penghambatnya. Oleh karena itu, strategi inovatif dan pendekatan holistik perlu diterapkan agar pendidikan karakter tetap relevan dan efektif di tengah perubahan dinamis dalam era digital ini.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantangan pendidikan karakter di era digital dan solusi untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustka. Hasilpenelitian ini menunjukan bahwa bahwa dengan strategi yang tepat, seperti pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam kurikulum digital dan pelibatan orang tua secara aktif, pendidikan karakter di era digital dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pengembangan pribadi yang positif pada generasi yang semakin terkoneksi.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Era Digital / In a digital environment, students are exposed to various stimulations that can influence the formation of their character. The main challenges include how to teach honesty and responsibility amidst the abundant flow of information, as well as guiding the younger generation to develop digital literacy that is balanced with life values. Other challenges include the development of cyberbullying behavior, social media addiction, andlack of supervision in the use of technology. Collaborative efforts are needed between educators, parents and related parties to create a balanced educational environment, where technology can be a tool that supports character development, not an obstacleto it. Therefore, innovative strategies and holistic approaches need to be implemented so that the character of education remains relevant and effective amidst dynamic changes in this digital era.The aim of this research is to solve the challenges of character education in the digital era and solutions to overcome them. The method used in this research is a library study.The results of this research show that with the right strategy, such as integrating character values in the digital curriculum and actively involving parents, character education in the digital era can become a solid foundation for positive personal development in an increasingly connected generation.Keywords: Character Education, Digital Era

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 07 Mar 2025 07:07
Last Modified: 07 Mar 2025 07:07
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item