Praing, Debora Inda Violita and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Supervisi Pendidikan. Pendidikan dan Konseling, 5 (1). pp. 5463-5475. ISSN 2685936X
![]() |
Text
SupervisiPendidikan.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinSupervisiPendidikan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Supervisi adalahsuatu kegiatan kepengawasan yang memiliki tujuan untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan pendidikan di sekolah. Sasaran utama dalam kepemimpinan pendidikan adalah mengenai bagaimana seorang pendidik dalam kepemimpinannya dapat megajar peserta didiknya dengan baik, dalam usahanya untuk meningkatkan mutu pengajaran yaitu melaksanakan supervisi pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya dan proses belajar mengajar pada khususnya, maka suupervisi penting untuk dilaksanakan. Akan tetapi mengingat pendidik mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, maka supervisor dalam melaksanakan tugas supervisinya hendaklah memperhatikan perbedaan-perbedaan yang ada pada masing-masing pendidik, baik dalam latar belakang pendidikan, keterampilan maupun pengalaman dalam mengajar dari masing-masing pendidik.Penulisan artikel ini menggunakan jenis penelitiam Library Research atau studi kepustakaan. Dalam melakukan studi kepustakaan, penulis menggunakan berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal, prosiding, dan website resmi dari lembaga-lembaga resmi sebagai sumber data dan informasi. Analisis dilakukan dengan sistematis untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu guna mencari dan memperoleh jawabanatas permasalahan yang dihadapi.Supervisi ialah usaha memberi layanan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan baik secara individual maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran. Kepala sekolah sebagai supervisorsangat berperan pentingdan mempunyai tanggung jawab yang lebih. Supervisi dijalankan oleh seorang supervisor atau atasan untuk membantu seorang pendidik dalam memperbaiki dan meningkatkan cara-cara mengajarnya. memperbaiki dan meningkatkan cara-cara mengajarnya. Pelaksanaansupervise ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah dan bagaimana supervisor dapat memanfaatkan tenaga pendidik yang ada di sekolahnya semaksimal mungkin.Tujuan supervisi berkenaan dengan aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif adalah membantu memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan sekolah sehingga tercapai kondisi kegiatan belajar mengajar yang sebaik-baiknya. Melalui supervisi ini, guru dibantu dalam mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang direncanakan bagi peserta didik. Supervisi diperlukan untuk dapat memperbaiki atau bahkan mengembangkan pengajaran nilai-nilai kristiani masa kini.Kata Kunci:Supervisi, Supervisor, Pendidikan, Sekolah / Supervision is a supervisory activity that has the objectiveof helping to improve and improve the management of education in schools. The main target in educational leadership is about how an educator in his leadership can teach his students well, in an effort to improve the quality of teaching, namely carrying out educational Jurnal Pendidikan dan KonselingVolume 5 Nomor 1 Tahun 2023E-ISSN: 2685-936XdanP-ISSN: 2685-9351UniversitasPahlawan Tuanku Tambusai JURNALPENDIDIKANDANKONSELINGVOLUME5NOMOR1TAHUN20235464supervision. In order to improve the quality of education in general and the teaching and learning process in particular, it is important to carry out supervision. However, considering that educators have different personalities, supervisors in carrying out their supervisory duties should pay attention to the differences that exist in each educator, both in educational background, skills and experience in teaching from each educator. Writing this article uses the type of research Library Research or literature study. In conducting literature studies, the authors use various sources such as books, journal articles, proceedings, and official websites from official institutions as sources of data and information. Analysis is carried out systematically to collect, process, and conclude data using certain methods to find and obtain answers to the problems faced. Supervision is an effort to provide services to educators and educational staff both individually and as a group in an effort to improve teaching. The principal as a supervisor plays a very important role and has more responsibility. Supervision is carried out by a supervisor or superior to assist an educator in improving and enhancing his teaching methods. improve and enhance their teaching methods. The implementation of supervision is to improve the quality of education in schools and how supervisors can make the most of the teaching staff in their schools. The purpose of supervision with regard to cognitive, psychomotor, and affective aspects is to help improve and improve school management so that the best conditions for teaching and learning activities are achieved. good. Through this supervision, teachers are assisted in developing their potential and abilities to achieve the learning objectives planned for students. Supervision is needed to be able to improve or even develop the teaching of Christian values today.Keywords: Supervision, Supervisor, Education, School
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | EDUCATION |
Depositing User: | Mr A Evan Harso Kristanto |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:46 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:46 |
URI: | http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |