Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Minggu Menurut Pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters

Harefa, Kasieli and Situmorang, Aspriska R. and Daniel, Daniel and Rantung, Djoys Anneke (2024) Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Minggu Menurut Pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters. Regula Fidei, 9 (1). pp. 81-94. ISSN 26209926

[img] Text
DesainKurikulumPendidikanAgamaKristenSekolah.pdf

Download (417kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinDesainKurikulumPendidikanAgamaKristenSekolah.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://christianeducation.id/e-journal/index.php/...

Abstract

Desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu sangat penting dalam gereja. Pentingnya gereja menggunakan kurikulum agar proses pembelajaran lebih terstruktur dan terukur. Menyadari akan pentingnya kurikulum Pendidikan Agama Kristen dalam gereja perlu adanya tindak-lanjut dari sekolah minggu untuk memiliki kurikulum yang tetap. Namun, banyak gereja tidak menyadari akan hal ini sehingga tidak memiliki kurikulum sekolah minggu yang tetap, materi ditentukan oleh pengajar dan pembelajaran dijalankan tanpa tujuan yang jelas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan kurikulum Bobbitt dan charters untuk mendesain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu menggunakan pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil dari penelitian ini ialah desain kurikulum sekolah minggu menurut pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters. Desain kurikulum Pembelajaran Agama Kristen menurut pendekatan Bobbitt dan Charters sangat relevan digunakan dalam sekolah minggu. Melalui penggunaan pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters dapat membantu membuat desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen bagi siswa sekolah minggu. Kata kunci: Desain Kurikulum; Pendekatan Bobbitt dan Charters; Sekolah Minggu / : The design of the Sunday school Christian Religious Education curriculum is very important in the church. It is important for churches to use a curriculum so that the learning process is more structured and measurable. Realizing the importance of the Christian Religious Education curriculum in the church, it is necessary to follow up with Sunday schools to have a permanent curriculum. However, many churches are not aware of this so they do not have a fixed Sunday school curriculum, the material is determined by the teacher and learning is carried out without clear objectives. Therefore, researchers used the Bobbitt curriculum approach and the charter to design the Sunday school Christian Religio us Education curriculum. The aim of this research is to describe the design of the Sunday school Christian Religious Education curriculum using the Bobbitt and Charters Curriculum approach. The method used in this research is literature study. The result of this research is a Sunday school curriculum design based on the Bobbitt and Charters curriculum approach. The Christian Religious Learning curriculum design based on the Bobbitt and Charters approach is very relevant for use in Sunday schools. By using the Bobbitt and Charters curriculum approach, they can help create a Christian Religious Education curriculum design for Sunday school students. Keywords: Curriculum Design; Bobbitt and Charters approach; Sunday School

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:28
Last Modified: 07 Mar 2025 03:28
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18524

Actions (login required)

View Item View Item