Analisis Kapitalisme Max Weber Sebagai Jalan Pendidikan Agama Kristen Menghadapi Kemiskinan

Silitonga, Boy Anto Ando and Messakh, Jefrit Johanis and Naibaho, Lamhot (2023) Analisis Kapitalisme Max Weber Sebagai Jalan Pendidikan Agama Kristen Menghadapi Kemiskinan. Harati, 3 (2). pp. 189-204. ISSN 27766454

[img] Text
AnalisisKapitalismeMaxWeber.pdf

Download (217kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinAnalisisKapitalismeMaxWeber.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/ho...

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan karya penting Max Weber, yaitu Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme, sebagai dasar bagi pendidikan agama Kristen secara efektif mengatasi persoalan kemiskinan dalam masyarakat modern. Dengan meneliti konteks historis dan prinsip-prinsip dasarnya, penulis menyarankan bagaimana pendidikan agama Kristen dapat menggunakan ide-ide Weber untuk mendorong pemahaman kritis tentang persoalan ekonomi dan memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengatasi kemiskinan. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi kepustakaan, dimana penulis mengumpulkan data dari buku dan topik atau permasalahan yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini berusaha menjembatani wawasan sosiologis Weber dengan ajaran pendidikan agama Kristen, dengan melihat bagaimana prinsip-prinsip kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab individu dapat ditanamkan melalui lensa Pendidikan Agama Kristen untuk memberdayakan masyarakat dalam memerangi kemiskinan. Dengan menanamkan nilai-nilai yang mendorong pemberdayaan ekonomi, pengembangan masyarakat, dan tanggung jawab sosial, pendidikan agama Kristen muncul sebagai alat yang ampuh untuk mengatasi berbagai tantangan kemiskinan dalam masyarakat kontemporer. Keywords:kemiskinan; max weber; pendidikan agama kristen / This study explores the application of Max Weber's seminal work, Protestant Ethics and the Spirit of Capitalism, as a basis for Christian religious education to effectively address the issue of poverty in modern society. By examining the historical context and underlying principles, the author suggests how Christian religious education can use Weber's ideas to promote critical understanding of economic issues and empower people to participate in overcoming poverty. The method used is a literature study approach, where the author collects data from books and relevant topics or issues in this research. The results of this study seek to bridge Weber's sociological insights with the teachings of Christian religious education, by looking at how the principles of hard work, discipline, and individual responsibility can be instilled through the lens of Christian religious education to empower communities in the fight against poverty. By instilling values that promote economic empowerment, community development, and social responsibility, Christian religious education emerges as a powerful tool to address the challenges of poverty in contemporary society.Keywords:christian religious education; max weber;poverty

Item Type: Article
Subjects: PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION
PHILOSOPHY. PSYCHOLOGY. RELIGION > Christianity
EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 07 Mar 2025 01:49
Last Modified: 07 Mar 2025 01:49
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item View Item