Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0

Messakh, Jefrit Johanis and Boiliu, Esti Regina and Rantung, Djoys Anneke and Naibaho, Lamhot (2023) Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (5). pp. 2160-2172. ISSN 2656-8071

[img] Text
PeranPendidikanAgamaKristendalamMembangun.pdf

Download (684kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPeranPendidikanAgamaKristendalamMembangunModerasi.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.edukatif.org/edukatif/index

Abstract

Dalam era 5.0 yang ditandai oleh integrasi teknologi dan perubahan sosial yang cepat, peran Pendidikan Agama Kristen dalam mediasi beragama memiliki kepentingan yang mendalam. Permasalahan yang sering muncul dan terjadi di masyarakat adalah pertentangan nilai dan keyakinan, ekstremisme dan radikalisasi. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Kristen berperan untuk membangun moderasi beragama dalam pembelajaran sehingga sikap iklusif dapat di pahami di era 5.0 ini. Studi ini mengeksplorasi peran penting Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk pemahaman yang inklusif dan menghargai perbedaan antar agama-agama dalam masyarakat yang semakin multikultural. Tujuan penelitian ini adalah mendesripsikan peran Pendidikan Agama Kristen dalam membangun moderasi beragama di era 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka. Penelitian ini menyoroti integrasi teknologi digital dan kebijakan pendidikan yang mendukung dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berpusat pada nilai-nilai toleransi serta kerjasama antaragama. Hasil penelitian ini adalah pendidikan agama Kristen di era 5.0 berperan untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa, berkolaborasi dengan sekolah, komunitas agama, dan lembaga pemerintah dalam mendukung pendidikan agama Kristen yang mempromosikan moderasi beragama. Pendidikan Agama Kristen juga memberi pelatihan dan pengembangan kontinu bagi guru-guru agama Kristen. Guru-guru harus dilengkapi dengan pengetahuan terbaru tentang isu-isu sosial dan teknologi yang berkembang pesat sehingga mereka dapat mengajarkan siswa dengan cara yang relevan dan mendukung perkembangan moderasi beragama. Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen, moderasi beragama, Era 5.0 / In the 5.0 era which is characterized by the integration of technology and rapid social change, the role of Christian Religious Education in religious mediation has deep importance. Problems that often arise and occur in society are conflicting values and beliefs, extremism, and radicalization. Therefore, Christian Religious Education plays a role in building diverse moderation in learning so that an inclusive attitude can be understood in this 5.0 era. This study explores the important role of Christian Religious Education in forming an inclusive understanding and respect for differences between religions in an increasingly multicultural society. This research aims to describe the role of Christian Religious Education in building religious moderation in the 5.0 era. The method used in this research is a literature study. This research highlights the integration of digital technology and supportive educational policies in creating an inclusive learning environment that focuses on the values of tolerance and interfaith cooperation. The results of this research show that Christian religious education in the 5.0 era participates in developing students' social and emotional skills, collaborating with schools, religious communities, and government institutions in supporting Christian religious education that encourages religious moderation. Christian Religious Education also provides ongoing training and development for Christian religious teachers. Teachers must be equipped with the latest knowledge about rapidly evolving social and technological issues so that they can teach students in a way that is relevant and supports the development of religious moderation. Keywords: Christian Religious Education, religious moderation, Era 5.0

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Moral and religious education > Religion and education. Education under church control > Christian education. Church education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 07:15
Last Modified: 05 Mar 2025 07:17
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18500

Actions (login required)

View Item View Item