Perspektif Sistem Dalam Teknologi Pendidikan

Tompul, Tompul and Sitompul, Panuturi and Meriana, Dina and Rantung, Djoys Anneke and Boiliu, Noh Ibrahim (2023) Perspektif Sistem Dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1). pp. 2890-2898. ISSN 2685-936X

[img] Text
PerspektifSistemdalamTeknologiPendidikan.pdf

Download (305kB)
[img] Text (HasilTurnitin)
HasilTurnitinPerspektifSistemdalamTeknologiPendidikan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Teknologi pendidikan mengacu pada penggunaan alat, teknologi, proses, prosedur, sumber daya, dan strategi untuk meningkatkan pengalaman belajar dalam berbagai pengaturan, seperti pembelajaran formal, pembelajaran informal, pembelajaran nonformal, pembelajaran sepanjang hayat, pembelajaran sesuai permintaan, pembelajaran di tempat kerja, dan pembelajaran tepat waktu Pendekatan teknologi pendidikan berevolusi dari penggunaan awal alat pengajaran dan telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir untuk memasukkan perangkat dan pendekatan seperti teknologi seluler, realitas virtual dan augmented, simulasi dan lingkungan imersif, pembelajaran kolaboratif, jejaring sosial, komputasi awan, flipped class room, dan lainnyaPenggunaan teknologi modern bukanlah kata asing. Begitu pula dengan masa training saat ini, yang bisa menjadi pelopor lahirnya teknologi. Sudah sewajarnya jika teknologi dapat digunakan di dalam kelas untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Dari sinilah lahir istilah teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terintegrasi yang melibatkan orang, proses, perangkat dan organisasi dalam analisis masalah dan pemecahan berbagai masalah yang mempengaruhi semua aspek pembelajaran manusiaBerdasarkan kajian di atas, maka disimpulkan bahwa perspektif system dalam teknologi pendidikan sangat berpengaruh dalam hal memberikan kemudahan dalam mengimplementasikan suatu system proses belajar secara nyata, tidak hanya pada perencanaan dan proses tetapi pada tataran pengelolaan, pemanfaatan, pengembangan, dan tahap penilaian. Kata Kunci : Perspektif Sistem, Teknologi Pendidikan / Educational technology refers to the use of tools, technologies, processes, procedures, resources, and strategies to enhance the learning experience in a variety of settings, such as formal learning, informal learning, non-formal learning, lifelong learning, on-demand learning, workplace learning, and timely learning Educational technology approaches evolved from the early use of teaching tools and have expanded rapidly in recent years to include tools and approaches such as mobile technology, virtual and augmented reality, simulation and immersive environments, collaborative learning, social networks, cloud computing, flipped classes room, and others. The use of modern technology is not a foreign word. Likewise with the current training period, which can be a pioneer in the birth of technology. It is only natural that technology can be used in the classroom to facilitate the implementation of learning activities. This is where the term educational technology was born. Educational technology is a complex and integrated process that involves people, processes, devices and organizations in problem analysis and solving various problems that affect all aspects of human learning. a real learning process system, not only at the planning and process but at the management, utilization, development, and evaluation stages.Keywords: Systems Perspective, Educational Technology

Item Type: Article
Subjects: EDUCATION
EDUCATION > Special aspects of education > Types of education > Humanistic education. Liberal education > Computer-assisted education
Depositing User: Mr A Evan Harso Kristanto
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:39
Last Modified: 05 Mar 2025 06:39
URI: http://repository.uki.ac.id/id/eprint/18499

Actions (login required)

View Item View Item